Kapolda Kunjungi Kabupaten Solok

Harapkan Polri dan Masyarakat Bersinergi


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:13:10 WIB
Harapkan Polri dan Masyarakat Bersinergi Kapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Basarudin, SH,MH disambut dengan siriah di carano di Rumah Dinas Bupati Solok, saat kunjungan kerja daerah itu, Selasa (2/2). (YUTIS WANDI)

Arosuka, Haluan — Kapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Basarudin, SH,MH berharap terjalinnya sinergi antara seluruh elemen masyarakat dalam penegakan hukum. Hal ini ditegaskan Kapolda di hadapan Walinagari, ketua KAN, Pemuda dan tokoh masyarakat Kabupaten Solok  saat kunjungan kerja a ke daerah penghasil beras itu, Selasa (2/2) kemarin.

Selain dihadiri oleh to­koh masyarakat nagari, aca­ra yang digelar di  quest house Rumah Dinas Bupati Solok itu juga dihadiri oleh Pj Bupati Solok Devi Kur­nia, SH.MM, Ketua DPRD Kab.Solok  Har­di­na­lis, SE, MM, Kapolres Solok AK­BP. Reh Ngenana Depari,  Dandim 0309 Solok Letkol Inf. Sefta Feriyansyah, Sek­da Kab.Solok M Saleh, Unsur Pimpinan DPRD beserta Forkompida Kab. Solok, Kepela SKPD dan para camat Dilingkup Pe­merintahan Kab.Solok.

Mantan Kapolda DIY dan  Kapolda Sumut ini menyebutkan peran dan tanggung jawab Polri yang semakin besar  dalam me­layani masyarakat.  Saat ini kata dia, Polri telah menga­lami perubahan paradigma, karena peran dan tugas Polri lebih mengedepan pelayanan kepada masya­rakat yang sesuai dengan peraturan perundang-un­dangan yang ada.

Selain mengayomi dan menjaga stabilitas ke­ama­nan di tengah masyarakat, Polri saat ini juga ikut men­jaga stabilitas keamanan pangan bagi masyarakat. Seperti mengawasi dan me­man­tau jika terjadi lonjakan harga barang. “Kita ikut turun melakukan penga­wasan, ap­a­kah ada mo­no­poli harga ataukah ada pe­nim­bunan barang oleh para pedagang,” kata lulusan Akpol 1988 ini.

Terkait dengan pen­jaga­an keamanan untuk masya­rakat seperti Narkoba dan terorisme perwira asal Bre­bes yang pernah menjadi ajudan Wapres boediono ini berharap adanya sinergi antara polisi dan masya­rakat. Karena diakuinya, dalam hal ini polisi tak bisa jalan sendiri tanpa adanya dukungan dari masyarakat itu sendiri. “Jaringan ISIS ada di Sumbar tepatnya di Sijunjung yang ahli merakit bom. Meski sudah ditang­kap, namun tentunya peng­i­k­ut­nya masih ada. Hal ini tak lepas dari peran serta masyarakat dalam ikut me­nga­wasi tindak tanduk ma­sya­rakat yang men­cu­riga­kan,” kata mantan Kepala Biro Perawatan Personil SSDM Polri ini.

Terhadap kunjungan itu, Pj Bupati Solok Devi Kur­nia mengaku sangat menga­pre­siasi  kehadiran Kapolda dalam memberikan pen­jelasan terhadap peran dan fungsi nya kepada masya­rakat. Menurutnya dengan terjalinnya sinergi antara polisi dan masyarakat, pi­hak­nya berharap berbagai persoalan keamanan yang terjadi ditengah masyarakat bisa diminimalisir.

Bupati berharap dengan adanya silaturahmi ini, ker­ja­sama dan dukungan semua pihak terutama komitmen Forum Komunikasi Pim­pinan Daerah, serta peran tokoh masyarakat yang se­nan­tiasa berusaha men­cip­ta­kan suasana yang kondusif dapat tercipta di 74 nagari di daerah itu. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]