Perbaikan 7 Ruas Jalan Rp51,5 Miliar


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:15:29 WIB

PADANG, HALUAN—Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang kecipratan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum RI sebesar Rp51,5 Miliar.

Menurut Kabid Bina Mar­ga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Hendri Vi­ton, dana tersebut diperun­tukkan bagi pemeliharaan dan pening­katan sejumlah ruas jalan di Kota Padang.

“DAK sebanyak itu un­tuk peningkatan dan peme­li­hara­an jalan di Padang,” te­rangnya pada Haluan, Selasa (2/2).

Dirincikan Hendri, dari DAK tersebut, untuk pe­ning­katan sejumlah ruas jalan dianggarkan dana sebe­sar Rp40 miliar. Sedangkan un­tuk pemeliharaan jalan dise­diakan dana sebesar Rp11,5 miliar.

Untuk peningkatan ja­lan, DPU telah menetapkan ruas jalan yang akan diting­katkan kualitasnya. Seba­nyak tujuh titik telah masuk dalam pe­ren­canaan DPU untuk diker­jakan tahun ini.

“Untuk pengerjaan, saat ini sedang proses tender,” sebut Hendri.

Tujuh titik yang akan di­kerjakan itu yakni jalan ins­peksi irigasi Gunuang Nago, SMP 23 hingga Ulu Gadut, Simpang Patik Ban­da Luruih Lubuk Minturun, Gunung Sarik hingga Be­lim­bing dan Sungai Lareh.

Kemudian, jalan ins­peksi Banjir Kanal dari Tamsis hingga Marapalam, serta Ja­lan Samudera depan LPC Pantai Padang. “Kita berha­rap jalan ini dapat mem­per­lan­car arus trans­portasi ma­sya­rakat nan­tinya,” ucap Hen­dri.

Terkait pemeliharaan ja­lan, DPU juga telah mene­tapkan sejumlah titik yang bakal dikerjakan. Pada umum­­nya jalan yang akan dikerjakan merupakan jalan yang rusak.

“Untuk pemeliharaan, kita akan menambal sulam jalan yang berlubang dan rusak,” papar Hendri Viton.

Sementara itu, untuk pe­ngas­palan pelataran par­kir Pasar Lubuk Buaya, DPU Kota Padang telah menyi­apkan alat berat dan dana yang cukup. DPU meng­gelon­torkan dana se­besar lebih kurang Rp200 Juta untuk pengaspalan.

“Kini sedang tahap pe­ngerukan, sekitar dua ming­gu selesai,” pung­kasnya. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]