Polres Solsel Terus Proses Kasus Korupsi


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:18:34 WIB

SOLSEL,HALUAN — Polres Solok Selatan (Solsel) akan memperpanjang masa tahanan dua tersangka dugaan tindak pidana korupsi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Solsel 2010. Dua orang tersebut adalah Mantan Sekdakab Solsel  Adril,(62) Datuak Bandaro Kuniang dan mantan bendahara umum daerah Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Akhiarli,(48).

Sebelumnya, pihak Polres Solsel telah menahan Adril pada 26 November 2015 dan Akhiarli pada 21 November 2015, penahanan dilakukan atas dugaan tindak pidana korupsi anggaran sekretariat daerah  Solsel pada 2010 sebesar Rp.512.504.550.

Kapolres Solsel, AKBP Ahmad Basahil melalui Kasat Reskrim, AKP Berry Juana Putra menyebutkan, masa penahanan ke dua tersangka tersebut habis pada akhir Desember 2015, sehingga perpanjangan masa tahanan akan dilakukan sekitar  dua puluh hari mendatang  sesuai ketentuan yang berlaku.

“Perpanjangan masa tahanan dilakukan setelah persetujuan pengadilan yang diajukan oleh polisi, sementara masih dilakukan koordinasi terkait kelengkapan berkas. Semoga berkas penyidikan bisa dinyatakan lengkap oleh kejaksaan sehingga proses hukum cepat,”katanya.

Kapolres Solsel, AKBP Ahmad Basahil didampingi Kasat Reskrim AKP Berry Juana Putra, mengatakan berdasarkan laporan BPK-RI perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) ke Kapolri yang termuat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan No46/LHP/BPK/18/XVIII/Pdg/ 12 Desember 2014.

 Ia mengatakan, penahan dilakukan berdasarkan cukupnya kelengkapan barang bukti dan alat bukti serta keterangan ahli dan sembilan orang saksi. Adril dikenakan sanksi pasal 2,3 UU tindak pidana korupsi 31 tahun 1999 diubah UU No.20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi. Sedangkan, Akhiarli dikenakan sanksi Pasal 3 jo 56 KUHP dengan ancaman minimal lima tahun penjara. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]