Denda PKB dan BBNKB Dihapus


Rabu, 03 Februari 2016 - 03:25:51 WIB

PADANG, HALUAN — Pemprov Sumbar memberikan keringanan bagi pemilik kendaraan bermotor di daerah ini. Ada dua keringanan yang diberikan, yaitu peng­hapusan sanksi administrasi Pajak Ken­daraan Bermotor (PKB) dan penghapusan sanksi administrasi untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

“Yang kita hapus adalah sanksi admi­nistrasi, seperti keterlambatan pengurusan setelah jatuh tempo, tidak dikenakan biaya. Meskipun sudah terlambat beberapa tahun lamanya,” terang Kepala UPTD Pelayanan Pendapatan Provinsi di Padang, Jaya Isman, Selasa (2/2).

Dikatakan, kebijakan ini tertuang dalam SK Gubernur Sumbar tertanggal 25 Januari 2015 dan berlaku hanya 2 bulan, terhitung mulai 1 Februari hingga 31 Maret 2016. Bagi wajib pajak kendaraan bermotor yang membayar pajak setelah 31 Maret, otomatis akan berlaku keten­tuan biasa, dikenakan sanksi administrasi sesuai aturan perpa­jakan daerah.

“Proses pengha­pu­san sanksi admi­nistrasi pembayaran PKB dan BBNKB ini, dapat dilakukan di UPTD Pelayanan Pajak Provinsi di Kantor Bersama Samsat,” katanya lebih lanjut.

Dikatakan, kebijakan peng­hapusan sanksi administrasi ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan partisipasi wajib pajak segera melunasi kewajiban­nya dan sekaligus untuk opti­malisasi pendapatan daerah dari PKB dan BBNKB.

Disamping itu, juga tak di­pung­kiri terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional, berdampak pada menurunnya kemampuan daya beli masya­rakat. Lebih jauh, berpengaruh pula pada tertundanya pembaya­ran pajak kendaraan.

“Pemprov Sumbar sangat menyadari, daya beli masyarakat menurun yang menyebabkan penundaan pembayaran PKB dan BBNKB. Tetapi kita tetap berharap, wajib pajak menu­naikan kewajibannya dengan memberikan keringanan berupa penghhapusan sanksi admi­nis­trasi,” katanya.

Dari kebijakan ini yang dilak­sanakan selama 2 bulan, pihak­nya berharap dapat menggenjot pendapatan daerah sekitar Rp1 miliar. Targetnya, setiap bulan sumbangan dari PKB dan BBNKB ini sekitar Rp50 miliar. Dengan adanya keringanan ini, setiap bulannya bisa menambah pendapatan Rp500 juta.

“Angka itu bakal dominan disumbang sepeda motor, karena memang pemilik sepeda motor yang paling banyak menunggak pembayaran pajaknya. Jum­lah­nya sekitar 40.000 unit,” ujar Jaya Isman.

Untuk mendongrak pajak sepeda motor ini, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan seluruh lurah di Padang. Dengan bantuan lurah, pemilik kenda­raan ‘diuber’ dengan mendatangi alamatnya sesuai yang tertera dalam STNK/PKB.

Sementara itu, hingga Selasa (2/2), pendapatan daerah tahun 2016 dari PKB dan BBNKB sudah mencapai Rp54 miliar dari target yang ditetapkan Rp45,8 miliar. Masing-masing disum­bang oleh PKB/BBNKB ken­daraan baru Rp36 miliar, daftar ulang Rp17 miliar dan kendaraan non BA Rp1,5 miliar. (h/vie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 15:56:58 WIB

    Ingat! Buang Sampah Sembarangan Siap-siap Didenda Rp5 Juta dan Dipenjara

    Ingat! Buang Sampah Sembarangan Siap-siap Didenda Rp5 Juta dan Dipenjara PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ada cara baru untuk mengatasi ulah masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan yaitu, berupa sanksi denda. Ini diterapkan oleh Pemko Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang un.
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 01:15:01 WIB

    Disprasjal Tarkim Denda Kontraktor Rp401 Juta

    PADANG, HALUAN — Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman (Disprasjal Tarkim) Sumbar berencana melakukan tender ulang untuk pengerjaan jalan Palupuah – Koto Tinggi yang terbengkalai. PT Ombilin Cipta Nusa selaku pem.
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:32:19 WIB
    KULIAH UMUM PROF MUDZAKIR

    Hukum Bukan Alat Balas Dendam

    Hukum Bukan Alat Balas Dendam PADANG, HALUAN — Pem­baharuan hukum pidana pada hakekatnya merupakan suatu upaya melakukan peninjauan, agar sesuai dengan nilai-nilai di tengah masyarakat. Pem­baharuan, bukan malah dila­kukan untuk niat-niat buruk..
  • Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:37:09 WIB

    Mulai Hari Ini, Denda PKB dan BBNKB Dihapus

    PADANG, HALUAN—Pemprov Sumbar kembali memberikan keringanan bagi pemilik kendaraan bermotor di daerah ini. Keringanan tersebut berupa penghapusan sanksi ad­mi­nistrasi atau denda Pajak Ken­daraan Bermotor (PKB) dan pengh.
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 18:18:41 WIB

    Warga Sawahan Timur Minta Keluarga Pelaku Mesum di Toilet Masjid Penuhi Denda Adat

    Warga Sawahan Timur Minta Keluarga Pelaku Mesum di Toilet Masjid Penuhi Denda Adat PADANG, HALUAN - Warga Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur terus melakukan protes kepada keluarga pelaku yang diduga melakukan perbuatan amoral, N (18) di dalam toilet Masjid beberapa waktu yang lalu dengan sang kekasih, A .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]