Walinagari Ganggo Hilia Bantah Tudingan LSM Tipikor


Rabu, 03 Februari 2016 - 12:23:39 WIB
Walinagari Ganggo Hilia Bantah Tudingan LSM Tipikor

PADANG, HALUAN — Walinagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman membantah tudingan yang d­ialamat­kan kepada dirinya terkait dugaan penyimpangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari tahun anggaran 2014. Hal ini disampaikannya dalam kun­jungan­nya ke tempat rekannya yang beralamat di Jalan Rambun Bulan Nomor 10 Kecamatan Padang Utara kepada para awak media. “Terkait pemberitaan yang mengatakan bahwa saya telah menilep uang APB Nagari Tahun 2014 yang dituduhkan kepada saya oleh LSM Tipikor, saya katakan bahwa itu tidaklah benar. Saya mengklarifikasi hal tersebut setelah berkoordinasi dengan Polres Pasaman, agar meluruskan kembali pemberitaan yang telah beredar di masya­rakat,” kata Wali Nagari Ganggo Hilia, Bondan Kusbianto.

Ia menginginkan agar nama baiknya bisa segera dipulihkan dan menuntut LSM Tipikor melalui ketuanya, Oyon Hendri terkait berita yang berkembang. Ini tidak bisa ditoleransi lagi, karena anak saya saja yang masih duduk di bangku SMP menjadi takut sekolah dan istri saya menjadi takut untuk bergaul karena omongan masyarakat yang tidak mengenakkan. Ini tentu menjadi beban psikis bagi mereka,” tuturnya.

Baca Juga : BMKG Perkirakan Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat Disejumlah Wilayah Sumatera Barat

Ia menilai, ada unsur politik dibalik laporan dari LSM Tipikor ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Pasalnya, LSM tersebut sudah melaporkan ke pihak kepolisian, namun pihak kepolisian menolak laporan tersebut karena bukti yang tidak mendukung. “Karena laporan ditolak, mereka lalu mendatangi Kejari agar saya tetap bisa dituntut secara hukum. Dugaan saya, ini ada buntut dari pilkada dan pemecatan sem­bilan jorong. Mereka dipecat karena tidak bisa mematuhi aturan dan program kerja yang telah saya canangkan,” ungkap Bondan.

Tambahnya, pihaknya tak menutup kemungkinan untuk melaporkan balik LSM Tipikor karena sudah mencemarkan nama baiknya selaku Wali Nagari Ganggo Hilia dan institusi yang ia pimpin.

Baca Juga : Mobilitas Masyarakat antar Kabupaten Kota dalam Provinsi Diatur Dalam SE Gubernur Sumbar

“Jika tidak ada Itikad baik dari LSM Tipikor, tentu saja saya akan laporkan balik mereka karena sudah mencemarkan nama baik saya dan institusi terhormat yang saya pimpin ini,” pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sekumpulan warga yang menamakan diri Masyarakat Peduli Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman dan LSM Tipikor bersama-sama men­datangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuk Sikaping pada Selasa (26/1) lalu untuk melaporkan adanya dugaan pen­yimpangan Anggaran Pendapatn dan Belanja (APB) Nagari tahun 2014 yang dilakukan oleh Wali Nagari, Bondan Kusbianto.

Tidak hanya Wali Nagari yang dila­por­kan masyarakat, tetapi juga Sekretaris Nagari Elfi Marantika juga ikut dilaporkan terkait dugaan kasus korupsi tersebut. (h/mg-adl)

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]