Kepemilikan Akte Kelahiran Lampaui Target Nasional


Rabu, 03 Februari 2016 - 13:58:12 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Capaian persentase kepemilikan akte kelahiran di Kota Sawahlunto pada tahun 2015 melampaui cakupan target nasional untuk kalangan usia 0 sampai 18 tahun yakni 75 persen.Kepemilikan Akte Kelahiran di Sawahlunto telah mencapai 78,04 persen.Tahun ini akan diupayakan mencapai 80 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencanatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sawahlunto Lelis Epriyenti menyebutkan, pencapaian ini membuktikan kepedulian warga yang cukup tinggi dalam mengurus administrasi kependudukan akte kelahiran, yang juga merupakan amanat undang undang.Saat ini dari 20.866 penduduk yang harus punya akte kelahiran, sebanyak 16.284 yang sudah memilikinya atau 78,04 persen. Ditahun ini akan kita optimalkan bisa mencapai 80 persen.

“Kesadaran masyarakat dalam kepemilikan akte kelahiran cukup tinggi, mudah mudahan dengan adanya fasilitas dan layanan jemput bola keliling hingga ke desa dan kelurahan yang telah dilakukan, kita harapkan semakin meningkat,’’ kata Lelis.

Layanan keliling hingga ke desa dan kelurahan sebutnya, merupakan salah satu upaya pihaknya dalam meningkatkan kesadaran warga dalam mengurus administrasi kependudukannya, salah satunya akte kelahiran.Ia ingin sebagai pemerintah yang melayani memberikan pelayanan prima dibidang kependudukan.

Untuk kepengurusan akte kelahiran saat ini cukup mudah, jika selama ini masyarakat yang terlambat mengurus dari 60 hari semenjak kelahiran, harus melalui persidangan di pengadilan, sekarang lanjutnya, hanya cukup membayar denda di Disdukcapil.Ditambah dengan undang Undang no 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, pengurusan akte kelahiran dapat dilakukan ditempat alamat orang tuda berdomisili, kendati proses kelahirannya didaerah lain. “Kita juga bekerjasama dengan bidan, klinik, puskesmas dan rumah sakit, dengan memberikan ucapan selamat atas kelahiran, sekaligus ajakan untuk mengurus akte kelahiran sebelum 60 hari,’’ sebut ibu tiga anak itu. (h/mg-rki).

 

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]