Antisipasi Kenakalan, Tim Pengawas Remaja Terbentuk


Rabu, 03 Februari 2016 - 14:27:52 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Menyikapi pe­rilaku remaja yang mengkhawatirkan di Kota Payakumbuh, seperti nongkrong di kafe-kafe hingga larut malam hingga pergaulan bebas, kalangan pemerhati pendidikan mulai mem­bentuk tim pengawasan terhadap remaja Kota Payakumbuh. Tim ini terdiri dari pe­muka agama, tokoh pendidik hingga pegawai negeri sipil.   

“Tim ini terbentuk un­tuk menyikapi perilaku  remaja kekinian Kota Paya­kumbuh. Karena itu, di­perlu­kan rasa­nya   suatu kekuatan me­nga­tasi hal ini. Untuk me­lahirkan ke­kuat­an tersebut, perlu dibentuk suatu wadah sebuah per­temuan  dengan mengun­dang  unsur-unsur  yang lebih besar sehingga me­lahir­kan suatu ketetapan yang bersinergi dengan pera­turan daerah,” ungkap Amir sekaligus  penggagas dari tim pengawas remaja ter­sebut, kemarin.

Guru SMA Raudatul Jannnah  tersebut men­jelaskan, terbentuknya tim pengawas tersebut berawal dari  hasil diskusi antar pemuka dan tokoh-tokoh yang ada di Kota Paya­kum­buh sebanyak 35 orang. Per­temuan yang digelar pada 30 Januari lalu tersebut, akhir­nya menghasilkan kebija­kan dalam pembentukan tim untuk pengawasan bagi remaja Payakumbuh. 

Tim bentukan tersebut memutuskan Erianto se­bagai Ketua Sementara de­ng­an Sekretaris oleh Ersis Warman sekaligus  guru SMP dan SMA Raudatul Jannah. Kemudian, anggota tim tersebut, yakni H Er­man Ali (Ketua MUI Paya­kumbuh), Mustafa (Kasi Pendidikan Madrasah Ke­menag Payakumbuh), Joni Indra (Pengawas Madra­sah),  H Alex Sandra (Ke­pala MAN2 Payakumbuh), H Darius (Kasi Bimas Ke­menag), Amrial (guru MA­N 3 Payakumbuh), Dali­yus (Kepala  SMKN 2 Pay­a­kumbuh), Joni Akmal (Ke­pala MIN), Syamsuardi (Kepala SD Raudatul Jan­nah), Ezi (Guru SMAN 4 Payakumbuh), Desembri  P Caniago (tokoh  intelet­tual masyarakat), Revinel (Kepala MAN 1 Paya­kum­buh), Yeni Fitri Kepala (MTsN Koto Nan Gadang) dan Amir (Pengurus Mesjid Istiglal Payakumbuh).

Sementara, Kepala Ka­kan­ke­me­nag Payakumbuh Asra Faber menyatakan, perilaku remaja kekinian harus cepat diskapi.

“Kita berharap forum ini melahirkan suatu gera­kan yaitu bagaimana remaja kita terhindar dari  hal-hal negatif seperti  nongkrong di kafe-kafe, berpacaran, pergaulan bebas, narkoba dan bagaimana remaja su­paya  kembali ke surau atau masjid.  Ini adalah tugas mulia. Kita berharap ke­pada pemerintah  da­erah, aparat penegak hukum, ninik mamak, orang tua wali murid, organisasi ke­masyarakatan, dan masy­a­rakat ikut peduli dalam menyikapi perilaku remaja kita saat ini,” ungkap Asra Faber Kakankemenag Paya­kumbuh. (h/ddg)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]