Tatjana Saphira

Penderita Kanker Butuh Dukungan


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:03:17 WIB
Penderita Kanker Butuh Dukungan

Setelah Negeri Van Oran­je, aktris cantik Tatjana Sa­phira kembali mem­bintangi sebuah judul film layar lebar baru, I Am Hope. Pada film ini gadis berusia 18 tahun itu mendapat sebuah tantangan yang cukup berbeda, yakni memerankan sosok bernama Mia yang merupakan penderita penyakit kanker.

Seperti diketahui, sebe­lumnya sudah ada sederet jud­ul film lain yang juga bercerita tentang kanker. Na­mun bagi Tatjana dan Ke­nes (pe­me­ran lain),I Am Hope punya nilai-nilai yang sedikit ber­beda ketimbang lainnya.

“Aku udah pernah (non­ton) film Indonesia yang me­ngangkat soal kanker. Tapi biasanya lebih ke drama per­cintaan. Kalau ini lingkupnya banyak ya, cintanya juga ada tapi yang penting adalah gi­mana mem­perlihatkan per­juangan Mia untuk tetap me­raih cita-citanya. Lebih ada misi bahwa semua orang yang sudah di­vonis tak berumur panjang mereka punya se­mangat dan harapan,” ujar Tatjana dan Kenes bergantian.

Demi mendalami pe­ran­nya, Ta­tjana melakukan ba­nyak re­search terkait pe­nyakit kan­ker dan juga pen­deritanya. Hal serupa juga dilakukan oleh Kenes yang menyebut jika penderita kan­ker itu butuh banyak du­kungan, bukannya harus di­hindari.

“Kalau yang aku temui itu (pen­derita kanker) banyakan anak-anak. Aku lebih sedih lihat orang tuanya. Tapi kalau anak-anak ini aku nggak lihat mereka terkena kanker, ka­rena semangatnya masih sama seperti anak-anak yang pada umumnya. Bedanya ada time limit. Kalau anak biasa bisa main sejam, tapi kalau me­reka mungkin setengah jam harus istirahat dulu. Satu benang merah yang aku lihat dari pejuang kanker adalah mereka punya mentalitas yang sangat kuat dan opti­misme hidup yang tinggi seka­li,” ungkap Tatjana.

“Sebenarnya penderita kanker sama dengan orang yang terkena penyakit lain ya. Balik lagi memang gimana dukungan dari lingkungan dan keluarganya. Pasti saat divonis kanker akan syok, tapi dukungan dari ke­luarganya bisa membuat dia semangat lagi,” sambung Kenes. (h/kpl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]