Tak Ada Virus Zika di Riau


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:07:04 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Untuk mewas­padai terjangkitnya virus zika, yang saat ini sudah mulai menjadi wabah penyakit ber­bahaya didunia, Kepala Dinas Kesehatan Riau Andra Sjafril mengimbau kepada masyarakat untuk bisa membiasakan hidup bersih. Pasalnya, penyakit yang hampir serupa dengan gejala DBD ini, sangat berbahaya dan bisa menular kepadaorang lain.

Demikian diungkapkannya kepada Haluan Riau, Selasa (2/2). Menurutnya, untuk menge­nali gejala virus zika adalah adanya gejala panas tinggi secara men­dadak, dan menimbulkan kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki serta nyeri otot sendi. Begitupula mata menjadi merah dan sakit kepala. Virus ini akan mudah hinggap pada ibu hamil.

“Virus ini disebabkan karena gigitan nyamuk aegypti. Jadi waspadai wabah virus zika khususnya bagi ibu hamil, karena bisa berpo­tensi menular bagi sang bayi selama dalam kandungan. Yang membuat bayi atau janin lahir dengan kepala yang menge­cil,”ujar Andra.

Andra juga mengatakan bahwa hingga saat ini, pihaknya belum menemukan adanya kasus virus zika di Riau. Akan tetapi kasus tersebut sudah mulai merambah ke daerah Sumatera seperti Jambi, sedangkan di luar negeri khususnya di Amerika virus zika ini merupakan penyakit yang harus segera dicegah.

“Siapa saja bisa terjangkit virus Zika dengan gejala seperti sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas. Mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung. Seperti gejala Chikungunya dan DBD,” katanya. (nie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]