25 Sekolah Bersiap Menjadi PKD


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:08:57 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Sebanyak 25 sekolah di Bu­kittinggi pada jenjang pen­didikan SD, SLTP, SLTA dan SMK dipersiapkan untuk Pi­lotting Kelas Digital (PKD). Saat ini, pelaksanaannya dida­hului dengan  tahap sosia­lisasi terhadap kepala sekolah yang bersangkutan.

Kelas Digital merupakan salah proses pembelajaran dengan memanfaatkan Tek­nologi Informasi (IT), yang dipersiapkan  untuk men­dukung proses pembelajaran kelas dengan memanfaatkan seoptimal mungkin peranan internet dan teknologi digital, baik dalam persiapan, pelak­sanaan, dan penilaian pem­belajaran oleh siswa, guru, dan orangtua murid.

“Tahun ini, Disdikpora Bukittinggi tengah merintis program kelas digital. Untuk tahap pertama kita sudah melakukan sosialisasi kelas digital pada januari lalu terha­dap 25 kepala sekolah yang tunjuk untuk program kelas Digital tersebut. 25 sekolah tersebut terdiri dari 10 SD,  8 SMP, 5 SMAN dan 2 SMKN,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi Ellia Mak­mur melalui Kabid Sekolah Menengah, Erdi, Selasa (2/1).

Dikatakannnya, program kelas digital salah bentuk kerjasama antara Dinas Pen­didikan dengan Pusat Pen­didikan Terbuka Jarak Jauh Asia Tenggara atau Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center (SEAMEO-SEAMOLEC).

SEAMOLEC merupakan sebuah organisasi yang ber­anggotakan menteri-menteri pendidikan se-Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan pendidikan terbuka dan pendidikan jarak jauh di Asia Tenggara. SEA­MOLEC berpusat di Indo­nesia dan bekerja sama de­ngan Departemen Pendidikan Nasional.

Khusus untuk Bukittinggi, pro­gram kelas digital tersebut su­dah disosialisasikan kepada ke­pala sekolah yang ditunjuk se­bagai pilotting kelas Digital, de­ngan pendampingan dari Sea­molec tersebut. Kegiatan so­­sialisasi kelas digital akan di­­lakukan secara bertahap, de­­ngan Tutorial untuk kegia­tan pendampingan sosialisasi ini adalah Bayu Ramadhani Fa­jri yang merupakan utusan da­ri  Seamolec untuk Bukit­ting­gi.

Menurut Erdi, kelas digi­tal bertujuan untuk mening­kat­kan kualitas pendidikan, pen­didik dan tenaga kepen­di­dikan secara luas dalam  me­manfaatkan sarana IT, se­hing­ga sistim pembelajaran bi­sa lebih efisien. Sekaligus men­jadi tantangan bagi maje­lis gu­ru dalam meningkatkan kom­petensinya di bidang digi­tal.

“Saat ini kita masih dalam tahap sosialisasi, dan ditar­getkan pada tahun ajaran baru 2016-2017 program kelas digi­tal untuk Bukittinggi sudah bisa kita terapkan. Dengan terget 1 lokal dimasing masing sekolah yang ditunjuk sebagai pilotting kelas digital terse­but,” harap Erdi. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]