Tahun ini, Delapan RTLH Akan Direhab


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:09:38 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Untuk tahun 2016 ini, sedikitnya delapan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mendapatkan bantuan zakat rehab dari Baznas Kota Bukittinggi. Bantuan yang disalurkan ini merupakan salah satu program pendistribusian zakat yang dilakukan Baznas melalui Program Bukittinggi Peduli.

 Delapan rumah yang mendapatkan bantuan rehab RTLH tersebut tersebar di tiga kecamatan yang ada di Bukittinggi. Dengan rincian lima rumah di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, (MKS), dua rumah di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) dan satu rumah di Kecamatan Guguk Panjang.

“Penerima program rehab rumah tidak layak huni ini merupakan bentuk kerjasama Baznas Kota Bukittinggi dengan PNPM Mandiri Perkotaan atau P2KP. Program rehab rumah tidak layak huni ini akan kita mulai pada Februari ini,” ujar Ketua Baznas Kota Bukittinggi Rahman Ritonga di dampingi Pengurus Baznas bidang Pen­distribusian dan Pendayagunaan Zakat, H. Al Chairi Daranin.

Menurut Rahman Ritonga, rumah yang mendapatkan dana zakat rehab rumah tidak layak huni ini merupakan rumah yang telah dilakukan survei dan pendataan oleh Tim Baznas beserta unsure PNPM-MP. Adapun criteria dari rumah yang direhab ini adalah rumah masyarakat (mustahik) yang ke­adaan rumahnya tidak layak huni atau aladin (atap, lantai, dinding).

Disamping itu, rumah dan tanah yang bersangkutan milik sendiri yang dilengkapi dengan bukti otentik, bukan rumah dan tanah disewa. Kemudian rumah yang mendapatkan bantuan ini juga tidak berada didalam jalur merah (terlarang). Warga yang dibantu adalah muslim, dapat mem­baca dua khalimah syahadat, tahun dengan rukun islam, rukun iman.

“Bantuan zakat rehab rumah ini salah satu bentuk program pendistribusian yang dilakukan Baznas melalui program Bukit­tinggi Peduli, disamping program lainnya yakni Bukittinggi taqwa, Bukittinggi sehat, Bukittinggi cerdas dan Bukittinggi mak­mur,” ungkap Rahman.

Sementara itu Al-Chairi Daranin me­nam­bahkan, zakat rehab rumah tidak layak huni yang disalurkan oleh Baznas Bukit­tinggi sudah dimulai semenjak 2013 lalu. Dengan rincian, pada tahun 2013 sebanyak 2 rumah, 2014 sebanyak 4 rumah, 2015 sebanyak 6 rumah dan 2016 ini sebayak 8 rumah. Dan untuk tahun sekarang masing masing rumah tidak layak huni tersebut mendapatkan bantuan senilai Rp20 juta.

“Bantuan zakat rehap rumah yang kita berikan  merupakan dana stimulan yang nantinya kita mengharapkan kepada warga sekitar untuk dapat membantu kelanjutan rehab rumah tersebut,” harapnya. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]