SKPD Mulai Laksanakan Program 2016


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:14:50 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Satu­an Kerja Pe­rangkat Daerah (SKPD) yang telah memulai prog­ram dan kegiatan yang da­lam APBD Padang Pari­aman Tahun 20­16, karena dengan dimulainya kegi­atan terse­but tentu akan dapat dira­sakan oleh masyarakat se­bagai objek dan subjek pem­bangunan.

“Jika program udah ja­lan, diharapkan roda pere­ko­nomian masyarakat se­gera berputar dan kesejah­teraan masyarakat dapat meningkat lebih signifi­kan,” kata Ros­nini pada saat memimpin apel pagi di Parit Malintang, Senin (1/2).

Dia menjelaskan, kete­patan waktu pelaksanaan program dan kegiatan harus sesuai dengan rencana ang­garan kas masing-masing kegiatan SKPD per tri­wu­lan.

Sebab, menurut Ros­nini, jika anggaran kas telah dite­tapkan namun kegiatan tidak dapat dilaksanakan maka akan terjadi penum­pukan kas daerah, dan ini dianggap bahwa Pemerintah Daerah memiliki simpanan di bank dalam jumlah tidak wajar.

Dia menegaskan, hal ini terkait dengan kebi­jakan terbaru Pemerintah Pusat, bahwa pencairan alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Ha­sil (DBH) dari rekening pemerintah pusat ke daerah, akan disesu­aikan dengan jumlah dana yang ada di rekening kas daerah.

Ar­tinya, ketika dana yang ada di kas daerah masih men­cukupi untuk me­me­nuhi kebutuhan pe­ren­ca­naan ang­garan tri­wulan berikut­nya, maka DAU dan DBH tidak akan diberikan dalam bentuk tunai, tetapi di­konversi dalam bentuk non tunai berupa Surat Berharga Negara.

“Apabila hal ini terjadi, tentunya akan menghambat percepatan pelaksanaan program dan kegiatan pada triwulan beri­kutnya. Dan ini tentu tidak kita inginkan,” kata Bupati perempuan pertama di Ranah Minang itu.

Sementara itu, Kadis DPPKA Hanibal menga­takan, bahwa dinasnya be­r­i­novasi dalam pe­ning­katan pelayanan kepada SKPD yaitu dengan me­nyediakan ruang klinik konsultasi yang berfungsi sebagai sarana pelayanan konsultasi dan peme­cahan masalah terkait pen­da­pa­tan, penge­lolaan keuangan dan aset.

“Klinik kon­sultasi keu­angan itu didesain rep­resen­tatif dan nyaman untuk pelayanan konsultasi selu­ruh SKPD,” kata Mantan Kepala BKD itu. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Oktober 2016 - 16:06:03 WIB

    Save Danau Maninjau, SKPD di Agam Diajak 'Keroyokan'

    Save Danau Maninjau, SKPD di Agam Diajak 'Keroyokan' AGAM, HALUAN--Gerakan Penyelematan Danau Maninjau terus dilakukan. Salah satunya dengan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat sekitar danau..
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 00:29:47 WIB

    SKPD Diminta Lestarikan Tanaman Anggrek

    PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Padang Panjang meminta kepada selu­ruh SKPD yang ada di kota berjuluk Serambi Mekah itu, untuk membudidayakan dan pengembangaan tanaman ang­grek. Selain untuk memper­cantik rumah dan per.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 03:47:34 WIB
    BAHAS APBD PERUBAHAN 2016

    Sekda Pasaman Kumpulkan Kepala SKPD

    PASAMAN, HALUAN — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman, A Syafei Siregar, memanggil dan mengumpulkan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran pemerintah kabupaten, Selasa (2/8)..
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:01:37 WIB

    Tujuh SKPD Lampaui Target Pendapatan Tahun 2015

    AROSUKA, HALUAN — Sebanyak tujuh Satuan Kerja perangkat daerah (SKPD) dari 29 SKPD yang ada di Kabupaten Solok mampu target 100 persen pendapatan pada akhir semester dua dari yang ditetapkan pada APBD Kab. Solok 2015 lalu. .
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:04:58 WIB

    ‘Jatah’ SKPD Penghasil Silpa akan Diperketat

    PADANG PANJANG, HALUAN — Tingginya Sisa Lebih Pembiayan Anggaran (Silpa) Kota Padang Panjang pada Tahun Anggaran 2015, menjadi catatan tersendiri bagi Ketua DPRD Kota Pa­dang Panjang. Apalagi, sejak Tahun Anggaran 2014, Si.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]