Padang Pariaman Tuan Rumah PIN Polio


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:15:18 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Kalau tidak ada aral melintang, pada bulan Maret nanti Menteri Kesehatan Republik In­donesia, Nila Moeloek akan berkunjung ke Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat nasional.

Dipilihnya Padang Pariaman sebagai tuan rumah, karena daerah ini memiliki komitmen untuk peningkatan pelayanan dasar kesehatan masyarakat, melalui prog­ram Padang Pariaman Sehat telah mendapat penghargaan Kabupaten Sehat dan Ksatria Bhakti Husada dari Presiden RI beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, kita ucapkan terima kasih kepada Ibu Menkes yang memilih Padang Pariaman sebagai tuan rumah PIN Polio nasional tahun ini,” kata Bupati Rosnini Savitri yang disampaikan oleh Kabag Humas Hendra Aswara, Senin (1/2) kemarin. Dia menjelaskan, bahwa Padang Pariaman menargetkan 40.855 jiwa anak mendapatkan imunisasi polio yang dise­lengggarakan di seluruh posyandu, pus­kesmas, RSUD maupun tempat yang telah ditentukan.

“Jumlahnya bisa saja bertambah karena kita minta seluruh anak usia 0-5 tahun yang belum terdata agar datang ke pos-pos kesehatan terdekat,” kata Jebolan alumni STPDN itu. Agar sasaran tercapai mak­simal, Dinas Kesehatan diminta berkoor­dinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk pendataan anak-anak terkait jumlah dan alamat keluarga yang memiliki balita.

Untuk suksesnya program nasional itu, lanjut Hendra, pemerintah daerah be­rencana meliburkan ibu-ibu yang bekerja sebagai ASN atau karyawan berko­or­dinasi Gubernur Sumbar dan pihak terkait. “Seizin Bapak Gubernur, Ibu Bupati coba ambil kebijakan meliburkan setengah hari saja bagi ibu-ibu yang bekerja dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang untuk bawa anaknya imunisasi polio,” ujar mantan kasubag pemberitaan itu, dan ia berharap seluruh pihak dapat mensukseskan dengan komitmen, kerja keras dan keikhlasan.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Dr. Aspinuddin mengatakan PIN Polio Nasional dijadwalkan pada tanggal 8-15 Maret 2016. Ia juga membentuk kelompok kerja lintas sektoral dengan uraian tugas yang jelas. “Jadi kita mulai persiapan dari sekarang dengan seluruh stakeholders,” katanya. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]