Keltan Sarumpun Baniah Dapat Bantuan BI


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:21:32 WIB

PANDAI SIKEK, HALUAN — Kelompok tani (Keltan) Sa­rumpun Baniah tahun ini memperoleh bantuan rumah pengelolaan tebu dan kompos melalui program sosial Bank Indonesia.

Ketua kelompok tani Sa­rumpun Baniah, Guswardi Dt. Rangkayo Marajo Selasa (2/2) mengatakan, awalnya dengan bermodalkan Rp300 ribu, mereka membuat usaha pena­naman cabe tahun 2011. Beri­kutnya mereka dapat bantuan dan tahun 2012 mendapat bantuan satu unit gilingan tebu dari pemda Tanah Datar. Dan tahun ini dari BI.

Dia juga mengatakan de­ngan adanya bantuan ini, saat ini pencapaian produksi dari pengolahan tebu sudah bisa mencapai 400 kg/hari. Ini merupakan peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan menggiling tebu secara tra­disional dengan menggunakan kerbau sebagai alat pemutar alat giling, hal ini sudah ba­rang pasti ini akan nening­katkan ekonomi masyarakat setempat terutama bagi ang­gota kelom­pok tani sarumpun baniah.

Program sosial Bank Indo­nesia ini merupakan suatu program kegiatan yang ber­sifat bantuan untuk mening­katkan ekonomi dan kese­jahteraan masyarakat, dan diberikan melalui kelompok tani, kelompok usaha dan lainnya yang melibatkan ma­syarakat.

Keltan Sarumpun Baniah dipilih karena dinilai memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan prog­ram ini, dan ini terbukti bahwa sampai saat ini kelompok tani sarumpun baniah mampu men­sukseskan progran ini. Semua ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari semua pihak, baik itu kelom­pok tani maupun Pemda Ka­bu­paten Tanah Datar itu sen­diri.

Dalam peningkatan kes­e­jah­teraan masyarakat selain program sosial dengan mem­berikan bantuan berupa mo­dal dan peralatan ini, BI juga mempunyai program pela­tihan bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, sehingga mampu meningkatkan penghasilan masyarakat melalui usaha kerakyatan atau home indus­tri. (h/emz)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:01:32 WIB

    Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton

    Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani Toboh Organik, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, melakukan panen perdana bawang putih pada Rabu (5/8/2020). Panen perdana ini dilakukan oleh Kadis Pertanian diwakili Kab.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 16:31:24 WIB

    Keltan Mitra Tani Desa Taluak Terima Bantuan Mesin Perontok Jagung

    Keltan Mitra Tani Desa Taluak Terima Bantuan Mesin Perontok Jagung HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril menyerahkan mesin Corn Sheller Mobile atau mesin untuk perontok jagung kepada Kelompok Tani Mitra Tani Desa Taluak Pariaman Selatan, Jumat (.
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 19:18:55 WIB

    Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat

    Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani (Keltan) Batang Kurambik Nagari Koto Gadang VI Koto Kecamatan Tanjung Raya melakukan panen raya padi IR 42 untuk pertama kalinya..
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 23:09:04 WIB

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung mengenalkan teknik roguing kepada kelompok tani (Keltan) Bungo Tanjung di Dem Area keltan setempat, Jumat (21/2). Kegiatan roguing tersebut merupakan Sekolah .
  • Jumat, 07 Juli 2017 - 11:48:18 WIB

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha AGAM,HALUAN -- Untuk membantu pelestarian Danau Maninjau yang tercemar berat sembilan kelompok peternak ikan keramba jala apung (KJA) bersedia mengalihkan usahanya ke darat..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]