Pemkab Imbau Pengusaha Warnet Urus Izin Usaha


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:22:05 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat, me­ng­imbau pengusaha warung internet (warnet) di daerah itu untuk mengurus izin usaha agar tidak ditutup saat dilakukan penertiban.

Sebelum kita melakukan penertiban, silakan urus izin usaha warnet, kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tanah Datar Harfian Fikri di Ba­tusang­kar, Sabtu lalu.

Ia menyebut pihaknya sudah menyerahkan surat imbauan kepada seluruh warnet yang ada di Kabu­paten Tanah Datar.

Dalam surat imbauan itu, pemilik warnet dilarang menerima pelajar berpa­kaian seragam sekolah saat proses belajar mengajar dimulai, kecuali pelajar tersebut memiliki izin ter­tulis dari guru sekolah.

Lalu melarang siswa se­ko­lah dasar untuk meng­gunakan internet lewat dari pukul 18:00 Wib, beroperasi mulai pukul 06:00 Wib sam­pai pukul 24:00 Wib, mema­sang pamflet yang berisikan larangan mengakses situs pornografi.

Selain itu menyediakan penerangan yang memadai, tidak menggunakan sekat yang terlalu tinggi dan lain­nya.

“Surat imbauan yang kita berikan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabu­paten Tanah Datar Nomor 5 Tahun 2015 tentang ten­tang Izin Usaha Jasa Wa­rung Internet. Ini sehu­bungan dengan banyaknya usaha warnet bermunculan di Ka­bupaten Tanah Da­tar,” kata­nya.

Ia menambahkan Satpol PP Kabupaten Tanah Datar setiap saat melakukan pat­roli di warnet tersebut dan bagi mereka yang melang­gar Perda maka pemilik warnet tersebut diberikan surat teguran.

“Apabila sudah tiga kali menerima teguran, maka warnet tersebut langsung kita tertibkan sesuai pera­turan yang berlaku,” kata­nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komu­nikasi dan Informatika Ka­bupaten Tanah Datar, Ab­rar menga­takan pihaknya sudah melakukan sosialisasi Perda Nomor 5 tahun 2015 tentang Izin Usaha Jasa Warung Internet kepada pemilik dan pengusaha war­net di daerah itu.

“Pemerintah daerah meng­­­harapkan kepada se­luruh pemilik atau pengu­saha warung internet untuk segera mengurus izin sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Ia menyebut bila pengu­saha warnet tidak mau me­ng­urus izin usahanya maka dapat dinyatakan tidak mem­­punyai legalitas se­hingga instansi penegak Perda dalam hal ini Satpol PP dapat melakukan penin­dakan sesuai peraturan yang berlaku.

Ia menjelaskan tujuan didirikannya warnet itu ada­lah untuk membantu para pengguna internet apabila tidak memiliki koneksi in­ternet di rumahnya.

“Banyak masyarakat yang tertolong dengan ada­nya warnet, namun ada juga yang memandang buruk karena jadi tempat yang kurang bermanfaat dan ber­bahaya bagi banyak peng­gunanya,” katanya. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]