Kue Rose, Layani Kebutuhan Imlek


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:31:46 WIB
Kue Rose, Layani Kebutuhan Imlek ROSLAINI Syofyan, pemilik usaha kue rose.

PADANG, HALUAN — Hari Raya Imlek selalu diperingati warga ke­turunan Tionghoa dengan penuh suka cita, ter­masuk oleh keturunan Tiong­hoa di Padang. Ke­meriahan Imlek sangat kental terasa di Pondok, kawasan Pecinaan di Kota Padang.

Salah satu pelengkap pe­rayaan Imlek adalah hadirnya hidangan kue-kue di setiap rumah. Maklum saja, Imlek merupakan hari raya yang di­tunggu-tunggu sebagai saat untuk saling berkunjung ke keluarga dan kerabat.

Kue Rose, menjadi salah satu pilihan untuk hidangan saat Imlek. Karena itulah, Roslaini Syofyan yang sudah lebih dari 50 tahun mem­produk­si kue-kue kering ber­label ‘Rose’ ini, selalu mem­produksi aneka kue ke­ring khasnya untuk me­menuhi per­mintaan pelanggan setianya.

Bertahan lebih dari 50 tahun dan selalu dicari p­e­langgannya, tentu saja tak mudah bagi seseorang dalam menghadapi persaingan bis­nis, apa­lagi bisnis kue. Na­mun, bagi Roslaini, hal itu bisa dijalaninya karena kue-kue produksinya selalu me­ngu­ta­ma­kan kualitas serta rasa yang terjamin.

Kuncinya ada pada bahan-bahan yang berkualitas serta cara pem­bakaran kuenya yang sangat trad­isional. Jika pro­dusen kue lainnya meng­gunakan oven listrik atau kom­por sebagai alat pe­ma­nasnya, kue Rose dibakar dengan menggunakan hawa panas dari oven batu yang disebut dengan ‘perno’ (ba­hasa sanskerta – red).

“Dengan menggunakan perno, hasil pembakaran kue akan sempurna karena hawa panas yang bersumber dari hasil pembakaran kayu se­lama berjam-jam, akan mem­bakar kue hingga ke bagian da­lam­nya. Itulah yang mem­buat kue Rose terasa garing dan renyah sampai ke dalam bagian kue­nya,” kata Roslaini.

Perno adalah oven ber­ukuran sekitar 3 x 4 meter persegi yang terbuat dari batu yang dilengkapi dengan ce­robong asap. Sumber pa­nas­nya berasal dari pembakaran kayu dan tempurung kelapa.

Sebelum kue ciptaannya di­pang­gang dalam perno, terlebih dahulu dibakar seki­tar 13 ikat kayu bakar ke dalam perno selama empat jam. Beberapa jam kemudian arang atau abunya disisihkan kemudian cetakan kue-kue, baru dimasukkan dalam per­no, dan hawa panas yang

tersimpan dalam oven itu siap menularkan hawa panas ke seluruh pori-pori kue, dan beberapa menit kue pun ma­sak dengan sendirinya.

Walaupun setiap tahun produksi kuenya nyaris sama, namun pe­langgan Kue Rose seakan tak pernah bosan. “Jenis kue yang kami prod­uksi setiap tahun antara lain kue semprit, aster, nastar, keju, spekulas, corn flakes, koya, kenari dan skippy. Har­ganya bervariasi, mulai dari Rp35 ribu per kotak,” kata Linda, putri Roslaini kepada Haluan Selasa (2/2) malam di kediamannya sekaligus tem­pat memproduksi kuenya, Jl. HOS Cokroaminoto No.75 Padang.

Kue kering Rose bisa di­dapatkan langsung ke tem­pat produksi tersebut. Atau tentu saja bisa did­apatkan di ber­bagai toko-toko kue di Kota Padang, seperti Christine Hakim, Toko Ayu, Toko On dan lainnya.

“Untuk pemasaran kue, sudah tersebar ke berbagai daerah. Bahkan sampai ke provinsi tetangga, juga banyak permintaan. Produksi kami paling banyak pada saat le­baran Idul Fitri, juga Imlek seperti ini,” tutup Linda. (h/atv)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 17:39:47 WIB

    Kue Rose Tahun ini Hanya Bisa Didapat di Jakarta

    Kue Rose Tahun ini Hanya Bisa Didapat di Jakarta HarianHaluan.com - Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini, Kue Kering Rose ‘terpaksa absen’ menemui pelanggannya yang hendak berlebaran. “Ya, Kue Rose mohon maaf, tak bisa menemui pelanggannya di Padang u.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 13:23:08 WIB

    Usai Viral di Medsos, Kue Lebaran yang Dijual Driver Ojol Ini Laris Manis

    Usai Viral di Medsos, Kue Lebaran yang Dijual Driver Ojol Ini Laris Manis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dapat puluhan orderan kue lebaran, Oka (32) bantu ekonomi rekan dan saudaranya yang turut terdampak Covid-19. Oka merupakan satu diantara pekerja harian di salah satu hotel bintang lima yang ada d.
  • Rabu, 21 November 2018 - 10:50:31 WIB

    Toko Kue Sonia, Donat Menul Paling Favorit

    Toko Kue Sonia, Donat Menul Paling Favorit PADANG, HARIANHALUAN.COM – Seperti halnya fesyen, dunia kuliner memiliki trennya tersendiri. Di toko kue Sonia, kue sus, donat menul, dan banana milk merupakan jenis kue yang sedang di gandrungi oleh masyarakat Kota Padang..
  • Selasa, 13 Juni 2017 - 20:46:15 WIB

    Kulkas Samsung Twin Cooling Plus, Kue Lebaran Tetap Segar

    Kulkas Samsung Twin Cooling Plus, Kue Lebaran Tetap Segar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—PT Samsung Electronics Indonesia kembali mengeluarkan produk dengan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Sementara di pasar kulkas dua pintu atas dan bawah masih terbata.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:41:51 WIB

    Buat Kue Motif Pokemon, Omzet Pengusaha Kue Naik

    Buat Kue Motif Pokemon, Omzet Pengusaha Kue Naik PADANG, HALUAN — “Demam” per­mainan Pokémon ternyata membawa berkah bagi pengusaha kue ulang tahun dan brownies dengan membuat kue ber­motif monster Pokemon, seperti Pikachu..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]