Kedatangan PRT Asing Marak

PRT Lokal Terancam Terpinggirkan


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:39:22 WIB

JAKARTA, HALUAN — Ko­or­dinator Nasional Jaringan Nasional Advokasi (Jala) Pekerja Rumah Tangga (PRT), Lita Anggraini, me­minta pemerintah memberi perlindungan terhadap PRT lokal. Kedatangan PRT asing berpeluang meminggirkan PRT lokal.

“Pemerintah harus beri perlindungan kepada PRT lokal agar mereka tidak kalah saing. Buat aturan tegas soal perekrutan PRT asing oleh ekspatriat,” tegas Lita di Ja­karta, Rabu (3/2).

Pihaknya juga mendesak agar pemerintah segera me­nya­dari maraknya kedatangan PRT asing ini. Dengan begitu, pemerintah bisa mem­per­siapkan para PRT lokal de­ngan berbagai pelatihan ke­terampilan agar mampu ber­saing dengan PRT asing.

Saat ini, Jala PRT belum memiliki data resmi jumlah PRT asing yang masuk ke Indonesia. Hanya saja, ada indikasi para PRT asing ini bekerja di kawasan per­mu­kiman ekspatriat di Jakarta.

“Tidak menutup kemung­ki­­nan jumlahnya akan ber­tam­bah banyak dan bisa me­ram­­bah daerah luar Jakarta. Sa­ya contohkan pem­ba­ngu­nan pa­brik Hyundai di Kara­wang yang disertai pemba­ngu­nan apartemen untuk para kar­yawan ekspatriat. Ada po­tensi penambahan jumlah PRT asing dari sini,” ungkap Lita.

Menghadapi kondisi ini, Jala PRT akan berkomunikasi dengan DPR untuk mendesak pembahasan kembali RUU Perlindungan PRT yang telah tertunda selama 12 tahun. Poin pembekalan pendidikan bagi PRT oleh pemerintah dan aturan perjanjian perekrutan PRT lokal serta asing ren­cananya akan ditekankan da­lam RUU tersebut.

Saat ini, lanjut Lita, pa­yung hukum terhadap PRT adalah Permenaker Nomor 2 Tahun 2015. Aturan ini dinilai belum dapat melindungi hak-hak PRT lokal. 

Adapun jumlah PRT lokal berdasarkan pendataan Jala PRT pada 2009 lalu men­capai 10,7 juta jiwa di seluruh Indonesia. Sekitar 30 persen dari jumlah tersebut terkon­sentrasi di wilayah Jabo­deta­bek. (h/rol)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]