Maling Marak di Dharmasraya, Rakyat Resah

Truk Terkunci Dibawa Kabur


Kamis, 04 Februari 2016 - 03:57:48 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN – Beberapa hari belakangan ini kejahatan aksi maling  se­ma­kin menjadi-jadi di Kabupaten Dharmasraya. Bahkan satu unit mobil jenis truk tiper canter colt diesel BA 8378 VU, milik Anto (45) terparkir dalam keadaan terkunci depan rumahnya di Jorong Sialang, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, di larikan Orang Tak di Kenal (OTK),   Rabu  dini hari sekira pukul 03.30 Wib.

Informasi yang di­him­pun Haluan, sekira jarak 3 KM pelaku mengemudikan hasil curiannya dari rumah korban arah Muaro Bungo, Propinsi Jambi, dengan kecepatan tinggi naas mobil tersebut masuk kedalam parit tepi Jalan Lintas Su­ma­tera (Jalinsum) KM 5 Na­gari Sungai Kambut, Ke­ca­matan Pulau Punjung, se­hingga pelaku melarikan diri ke dalam hutan.

Dari keterangan saksi anak lelaki korban bernama Yumi (25), ketika di kon­fir­masi media ini dilapangan, menyebutkan, kejadian itu berawal, pada malam hari mobil miliknya biasa di­par­kirkan didepan rumah, saat itu sekira pukul 03.30 Wib, dirinya dibangunkan dari tidur oleh orang tua lelaki­nya bernama Anto karena mesin mobilnya tiba-tiba hidup.

Tidak pikir panjang, Yu­mi langsung keluar rumah ternyata didepan mata mo­bil miliknya sudah dijalan­kan atau dilarikan oleh OTK, sehingga saat itu juga Yumi langsung menge­luar­kan sebuah sepeda motor­nya jenis Vario dari dalam rumah mencoba mengejar pelaku.

“Nampak mobil saya di­larikan pencuri dengan sen­dirian saya langsung ke­jar dengan sepeda motor, namun saat saya lakukan pengejaran saya tidak mau mendahului pelaku dengan posisi selalu disamping se­belah kanan mobil, ”ungkap Yumi.

Dijelaskan Yumi, ketika terjadi kejar-kejaran antara pelaku dengan dirinya se­akan-akan pelaku yang me­nge­mudikan mobil itu se­la­lu banting stir kekanan ke­tika dirinya berada di sam­ping kanan mobil, na­mun pe­nge­mudi atau pe­la­ku ti­dak me­nge­nai sepeda mo­tor­nya se­bab ia selalu injak rem sepeda mo­tornya ketika pelaku ban­ting stir kekanan. “Ketika saya laku­kan pen­geja­ran saat itu saya sempat menendang de­ng­an kaki saya pintu mobil sam­ping sopir dan berteriak men­­yu­ruh untuk ber­hen­ti, ”katanya.

Beruntung, setibanya di jalinsum KM 5 Nagari Su­ngai Kambut, mobil itu masuk dalam parit ketika pelaku banting stir kekanan hendak memepet korban, namun korban tidak hilang akal ketika itu korban me­ngurangi laju sepeda mo­tor­nya, sehingga korban se­lamat dan mobil yang di­ke­mu­di­kan pelaku terhenti didalam parit tepi jalan dengan me­nga­­kibatkan ring­set parah depan bagian ba­wah mobil.

“Saya lihat mobil sudah dalam parit saya berhenti mintak tolong kewarga ma­u­pun pengendara yang le­wat, dan pelaku keluar dari dalam mobil berjumlah 3 orang dan langsung lari kedalam se­mak-se­mak, ”tutur Yumi.

Sementara, beberapa orang warga langsung laku­kan pengejaran terhadap pelaku karena hari masih gelap pelaku selamat dari kepungan warga, dan salah seorang warga langsung me­ng­hubungi pihak polisi ter­dekat tentang kejadian itu. Mendapat informasi, ang­gota reskrim Polres Dhar­masraya langsung ke TKP dan lakukan pencarian dan penyisiran didalam hutan tempat pelaku kabur, na­mun tidak ditemukan.

Menurut Kapolres Dha­r­masraya AKBP Lalu Muh­am­mad Iwan Mahardan, melalui Kasat Reskrim AK­P Lazuardi, ketika di kon­fir­masi via telpon genggam sejumlah wartawan, benar telah terjadi percobaan pen­curian sebuah mobil oleh pelaku di Jorong Sialang, Nagari Gunung Selasih.

“Menurut informasi pe­la­ku berjumlah tiga orang telah melarikan diri ke da­lam hutan, dan hingga saat ini beberapa anggota telah dikerahkan untuk lakukan pencarian dan pen­yi­si­ran, ”ungkap Lazuardi.

Sampai berita ini di­turun­kan, berharap kepada warga Khususnya masya­rakat Dhar­masraya untuk waspada ter­hadap barang berharga mi­lik­nya dari in­caran maling, bila diketahui pelaku akan me­la­kukan ke­ja­hatan atau orang-orang tak dikenal disekeliling kita untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian terdekat. (h/mg-bdr).

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]