Selama Januari 2016

BPSK Padang Terima 14 Pengaduan


Kamis, 04 Februari 2016 - 04:05:46 WIB

PADANG, HALUAN—Terhitung 1 Januari 2016 hingga sekarang, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Padang sudah menerima 14 pangaduan konsumen terkait leasing.

Kepala BPSK Padang Fatyudin mengatakan, pe­ngaduan yang masuk masih didominasi oleh pengaduan konsumen terhadap ken­daraan bermotornya yang ditarik oleh pihak terkait, dan beberapa pengaduan lain seperti masalah pe­madaman listrik.

Ia juga mengatakan, ka­sus-kasus yang masuk ke BPSK sejak tahun 2015 hingga Januari 2016 masih didominasi oleh sengketa terkait pembiayaan atau kredit leasing kendaraan bermotor. Selain itu juga perbankan, pegadaian, peru­mahan, dan pemadaman aliran listrik.

Diketahui, setiap ta­hunnya jumlah pengaduan konsumen terus meningkat . Dapat dilihat dari tahun 2010 jumlah pengaduan yang masuk 43 kasus yang berkaitan dengan leasing 22 pengaduan.

Lalu terkait asuransi empat, telekomunikasi tiga, dan perbankan tujuh penga­duan. Tahun 2011 jumlah pengaduan mengingkat men­­jadi 57 yang didominasi oleh pengaduan terhadap leasing.

Di tahun 2012 jumlah pengaduan kembali me­ningkat menjadi 100 kasus yang masih didominasi oleh leasing. Pada 2013 terjadi kenaikan 107 dengan pe­ringkat pertama pokok pe­ngaduan ke leasing, namun tahun 2014 terjadi sedikit penurunan menjadi 92 pe­ngaduan, dan di tahun 2015 kembali terjadi penurunan pengaduan menjadi 81 ka­sus.

Dari 81 kasus yang ma­suk, 73 pengaduan dian­taranya sudah diselesaikan, dan sisanya diselesaikan di tahun 2016 ini. Melihat hal ini, pihaknya terus mela­kukan sosialisasi baik ke­pada konsumen maupun pada pelaku usaha agar men­ciptakan konsumen yang cerdas termasuk juga pelaku usaha yang cerdas.

“Kita terus melakukan sosialisasi setiap tahunnya, bahkan setiap bulannya dian­taranya sosialisasi me­lalui media cetak, dan elek­trionik, serta pamflet, ba­liho-baliho di tempat-tem­pat umum,” ung­kap­nya, Rabu (3/2).

Dkatakan juga, tahun 2012 BPSK mendapatkan penghargaan sebagai BPSK terbaik di tingkat nasional, dan sejak itu pihaknya ja­rang melakukan studi ban­ding dan kunjungan ke BP­SK daerah-daerah lain un­tuk melihat kemajuan yang ada.

“Malahan sejak 2012 itu, kita sering dikunjungi oleh BPSK dari daerah lain. Misalnya saja, beberapa hari yang lalu BPSK Bali menga­dakan studi banding ke sini, dan bulan mendatang kami juga akan menerima kun­jungan dari BPSK Balik Papan,” jelasnya. (h/rin) 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2015 - 19:15:57 WIB

    Kasus Leasing Teratas di BPSK

    PADANG,HALUAN—Ba­dan Penyelesaian Sengketa Kon­sumen (BPSK) Padang men­catat 31 sengketa kon­sumen hingga kemarin (12/5). Menu­rut data BPSK, sebanyak dua puluh satu (21) kasus di­dominasi seng­ke.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]