Waspadai Biro Penyelenggaraan Umrah Ilegal


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:04:01 WIB

PASAMAN, HALUAN— Ke­pala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabu­paten Pasaman Abdel Haq, meminta masyarakat me­was­padai memilih biro perjalanan dan penyelenggara umrah ilegal. 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Abdel Haq, menyebutkan, bagi ma­sya­rakat yang ingin menggu­nakan jasa biro perjalanan atau penyelenggara umrah agar terlebih dahulu mela­kukan pengecekan apakah biro perjalanan tersebut ter­daftar atau tidak. 

“Waspada terhadap biro perjalanan umroh perlu dila­kukan agar masyarakat terhin­dar dari penipuan, yang ten­tunya dapat merugikan warga, sebab itu, hal ini perlu diper­hatikan dengan baik oleh semua masyarakat yang ingin berangkat umroh,” kata Ab­del.

Ia menambahkan, hal ini untuk menghindari kejadian penipuan yang terus terjadi, seperti ditelantarkan atau gagal berangkat. “Agar tidak kejadian, mereka kita minta untuk cek travel umrah. Agar tak tertipu nantinya, seperti yang marak terjadi,” jelasnya.

Kantor Kementerian Aga­ma Kabupaten Pasaman bakal kawal ketat perusahaan yang memberangkatkan perjalanan umrah yang beroperasi dida­erah setempat. 

Jika ditemukan peru­saha­an yang ilegal, maka pihak Kemenag Pasaman tidak se­gan-segannya memper­kara­kan ke pihak kepolisian. Hal tersebut dikatakan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Tohar Mukti, Senin (14/12).  

“Ini pesan dari Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis beberapa waktu lalu, bahwa Ke­men­terian Agama akan mengin­tensifkan sistem pengawasan langsung secara rutin pada seluruh bandara keberang­katan.

Sebelum sampai ban­dara, tentu kita kawal ketat kegiatannya didaerah,” te­rangnya. 

Ia meminta kepada pihak PPIU untuk taat aturan seba­gai konsensus bersama, se­perti melaporkan jadwal ke­berangkatan, tiba dan pulang serta lapor di tanah air mau­pun di Arab Saudi. 

“Kemenag yang digawangi Subdit Pembinaan Umrah Direktorat Jenderal Penye­lenggaraan Haji dan Umrah akan melakukan pengawasan rutin di setiap bandara pem­berangkatan. Ini untuk me­mastikan bahwa jemaah um­rah diberangkatkan oleh biro pejalanan yang berizin (PP­IU), tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Pa­sa­man Abdel Haq, meminta Kasi PHU untuk meng­ingat­kan masyarakat yang ingin pergi umrah, terlebih dahulu memastikan PPIU yang jelas apakah memiliki izin. Jangan sampai tertipu dengan harga murah dan melaporkan segera kepada kepolisian apabila menemukan PPIU beroperasi secara ilegal.

Masyarakat dapat men­daftar kepada penyelenggara umrah yang memiliki izin resmi dari Kemenag, itu dapat dilihat di web haji www.­haji.­keme­nag.go.id.. 

Abdel Haq  turut meng­ingatkan agar masyarakat lebih dahulu memastikan dan mencatat Lima Pasti Umrah sebelum mendaftar.

Hal itu dinilainya agar tidak terjebak dari tindakan kriminal peni­puan dan gagal untuk berang­kat ibadah umrah. 

Diuraikannya sebelum mendaftar harus pastikan travelnya apakah memiliki izin resmi atau tidak, lalu pastikan jadwal kebe­rang­katan dan kepulangannya dan maskapai penerbangan serta rute penerbangannya, harga dan paket yang la­yanan yang ditawarkannya dengan me­mastikan hak-hak sebagai calon jemaah ter­penuhi se­perti konsumsi, transportasi, manasik umrah dan asu­ransi. 

Selain itu,  pastikan hotel dan wilayah mana lokasi pe­ngi­napan, apakah jarak pengi­napan tidak terlalu jauh dari masjid. Dan yang terakhir pastikan visa diterima  dua tiga hari sebelum kebe­rang­katan, tambahnya. (h/col)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 11:15:49 WIB

    Dinas Pertanian Minta Warga Waspadai Penyakit Cacing Pita pada Sapi

    Dinas Pertanian Minta Warga Waspadai Penyakit Cacing Pita pada Sapi PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Anda suka makan daging-dagingan? Jika iya, mulai dari sekarang Anda perlu berhati-hati dengan risiko infeksi cacing pita, khususnya saat mengkonsumsi daging sapi atau kerbau..
  • Rabu, 02 Mei 2018 - 14:21:41 WIB

    Warga Limapuluh Kota Diimbau Waspadai Bencana

    Warga Limapuluh Kota Diimbau Waspadai Bencana LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM  - Mengingat topografi wilayah Kabupaten Limapuluh Kota rawan bencana, warga diingatkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini..
  • Senin, 20 Maret 2017 - 10:58:09 WIB

    Petani Pasbar Diminta Waspadai Pupuk Oplosan

    Petani Pasbar Diminta Waspadai Pupuk Oplosan PASBAR, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengingatkan petani untuk mewaspadai pupuk oplosan, kendati saat ini peredarannya belum ada yang terungkap. .
  • Ahad, 17 Juli 2016 - 16:37:41 WIB

    Masyarakat Agam Diminta Waspadai Ikan Berformalin

    Masyarakat Agam Diminta Waspadai Ikan Berformalin AGAM, HALUAN - Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Agam mengimbau masyarakat agar waspada dengan ikan hasil tangkapan yang dibawa dari daerah luar yang rentan dengan penggunaan formalin karena sangat berbahaya bagi kesehatan m.
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 02:48:50 WIB

    Warga Dingatkan Waspadai Rumah Saat Tarawih

    Batusangkar, Haluan — Kepolisian Resor (Polres) Tanah Datar, ingatkan agar masyarakat dapat memastikan kondisi rumah aman saat men­jalankan ibadah Shalat Tarawih di masjid ataupun mushala..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM