Pemkab Komit Berantas Korupsi


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:05:26 WIB
Pemkab Komit Berantas Korupsi Pj. Bupati Syofyan menyaksikan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan kepala SKPD.

PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman berkomitmen mencegah tindak pidana korupsi dengan membuat pakta integritas antara pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri Lubuk Sikaping.

Kerja sama dengan ke­jaksaan itu, bertujuan untuk pendampingan dan pe­nera­ngan hukum bagi peme­rintah daerah dalam penye­lenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pem­ba­ngu­nan daerah di Kabu­paten Pasaman.

Hadir dalam acara terse­but, Pj Bupati Pasaman Syofyan, Kepala Kejaksaan Negeri Lubuksikaping Lu­bis, Sekretaris Daerah A. Syafei, seluruh kepala SK­PD, para camat serta unda­ngan lainnya, di lantai 3 Kantor Bupati Pasaman, Rabu (3/2).

Pj. Bupati Pasaman, Syof­yan mengatakan, dalam rangka kelancaran dan ke­suksesan penyelenggaraan kegiatan pemerintah daerah tahun 2016, diperlukan ko­mit­men seluruh SKPD agar dapat melaksanakan seluruh kegiatan yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari SKPD masing-masing.

Ia mengatakan, Undang- Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah telah membawa be­berapa perubahan men­dasar dalam penye­leng­gara­an pemerintah daerah khu­susnya terkait dengan pem­bagian urusan pemerinta­han yang nantinya akan berimplikasi kepada perali­han kewenangan antara pe­merintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Kita telah lakukan pe­nan­datanganan perjanjian kerja sama antara Pemkab Pasaman dan Kejari Lubuk­sikaping, serta melakukan penandatangan pakta in­tegritas. MoU dan pakta integritas ini merupakan kebijakan strategis agar pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik dan mencapai sasaran seca­ra optimal,” ujar Syofyan.

Pj Bupati itu men­jelas­kan, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Ne­geri Nomor 120/2935/SJ tanggal 16 Oktober 2015 lalu, pelaksanaan peralihan kewenangan pe­nyelengga­raan urusan konkuren dida­hu­lui dengan inventarisasi terhadap personil, penda­naan, sarana prasarana dan dokumen (P3D) yang dilak­sanakan paling lambat 31 Maret 2016, untuk selan­jutnya dilakukan serah teri­ma personil, asset dan do­kumen paling lambat 2 Ok­tober 2016.

“Saya mengharapkan kepada seluruh kepala SK­PD untuk tenang dan fokus kepada tugas dan fungsi serta tanggung jawab sesuai kewenangan masing-ma­sing, jangan terpancing de­nga­n isu yang tidak-tidak. Saya masih yakin kinerja dan loyalitas kita kepada pekerjaan masih menjadi tolak ukur utama dari Bu­pati dan Wakil Bupati terpilih nantinya,” ujar Pj. Bupati Syofyan. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]