Peserta BPJS Meningkat Tajam


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:06:04 WIB

SOLOK, HALUAN — Selama ta­hun 2015, terjadi lonjakan yang sangat signifikan bagi perusahaan yang masuk sebagai peserta Badan Pelaksanaan Jaminan Sosial  (BPJS) Ketenagakerjaan di wilayah kantor cabang Solok. Naiknya jumlah perusahaan yang masuk sebagai peserta menunjukan sema­kin ba­nyaknya pimpinan perusahaan yang memahami tentang BPJS Ke­tena­gakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Solok Iskandar yang dihubungi di kantornya Kamis (4/2) mengatakan, diawal tahun sebelumnya jumlah perusahaan yang ter­daftar hanya 166  perusahaan, kini sudah ter­daftar 361 perusahaan atau 130 %. Meningkatkan jumlah perusahaan yang masuk berkat gencarnya so­sialisasi pada masyarakat, baik melalui media maupun kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Kendati di wilayah kerjanya tidak banyak perusahaan besar namun peru­sahaan menengah yang ada cukup mem­bantu dalam mere­alisasikan target yang dibebankan kantor pusat, al hasil berkat keya­kinan dan kerja keras semua kom­ponen yang ada bisa diwujudkan dan melebihi target yang diberikan.

Sejalan dengan itu, dari ber­macam program yang ditawarkan pada masyarakat, BPJS Kete­naga­kerjaan Solok juga mampu men­dongkrak pemasukan, seperti sektor Jaminan Hari Tua (JHT) dari target Rp 22 miliar lebih, terealisasi Rp 23 miliar lebih. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dari target Rp 3,2 milia terealisasi Rp 3,5 miliar dan Jaminan Kematikan dari target 1,35 miliar terelisasi 1,39 miliar.

Yang sangat rendah itu dan tidak tercapai target pada program jaminan pensiun, dari target Rp 761 juta terealisasi Rp 675 juta. Ren­dahnya pemasukan disek­tor  ja­minan pensiun lantaran loun­ching juga dilaksanakan pertengan tahun. Ter­lambatnya lounching juga ber­pengaruh pada realisasi peneri­maan. Apalagi diwila­yah kerjanya tidak banyak perusahaan berskala besar termasuk masih rancunya sistim penerimaan pen­siun dari pusat.

Disektor tenaga kerja bukan penerima upah malahan melorot lagi, hanya terea­lisasi 50 % dari target 9.226 orang hanya bisa terpe­nuhi 4.200 orang atau 50 %. Me­nurunnya jumlah peserta yang bukan penerima upah dipengaruhi kesadaran dan pemahaman yang belum utuh tentang keberadaan BPJS Ketenagakerjaan.

Masyarakat menganggap BPJS Kete­nagakerjaan aktifitasnya ham­pir sama dengan PT Jamsostek sebelumnya. Pada hal kiprah BPJS Ketenagakerjaan sudah dike­mas dengan baik dan dijelaskan pada masyarakat luas pentingnya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Solok. BPJS Kete­nagakerjaan su­dah mengringi rekannya BPJS Kesehatan dimana peserta BPJS tidak repot dalam penanganan administerasi.

Setiap peserta BPJS Kete­naga­kerjaan sudah bisa langsung ber­obat ke rumah sakit dengan me­nunjukan identitas sebagai peserta BPJS, namun rumah sakit tempat berobat hendaklah yang memiliki kerjasama dengan BPJS Kese­hatan. Di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Solok sudah ada kerjasama dengan rumah sakit umum, kecuali Solok Selatan masih dalam peng­kajian bersama.

Sementara tentang pembayaran santu­nan, tahun 2015 ditemui 3.305 kasus dengan dana yang dialo­kasikan Rp 20 miliar lebih, Jaminan Kecelakaan Kerja 99 kasus dengan santunan yang diberikan 1,69 miliar lebih dan jaminan Kematian 44 kasus dengan dana yang diserahkan 942 juta. (h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 Januari 2019 - 17:15:32 WIB

    Satu Peserta CPNS Solsel Gugur, 20 Formasi Tidak Terpenuhi

    Satu Peserta CPNS Solsel Gugur, 20 Formasi Tidak Terpenuhi SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Satu orang peserta CPNS Solok Selatan (Solsel) dinyatakan mengundurkan diri karena tidak melengkapi berkas hingga batas waktu yang telah ditetapkan. Peserta yang dinyatakan gugur itu berasal d.
  • Jumat, 04 Januari 2019 - 11:04:22 WIB

    267 Peserta Lulus Seleksi CPNS Mentawai

    267 Peserta Lulus Seleksi CPNS Mentawai MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 267 peserta tes CPNS Kabupaten Kepulauan Mentawai dinyatakan lulus. Pengumuman kelulusan ini dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, Kami.
  • Kamis, 03 Januari 2019 - 13:12:40 WIB

    Pembab Sijunjung Batalkan Kelulusan, Peserta Seleksi CPNS Melapor ke Ombudsman

    Pembab Sijunjung Batalkan Kelulusan, Peserta Seleksi CPNS Melapor ke Ombudsman PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ombudsman RI Perwakilan Sumbar telah menerima dan akan menindaklanjuti laporan dari keluarga Nina Susilawati (32), peserta seleksi CPNS formasi guru penempatan Kabupaten Sijunjung, yang hasil kelu.
  • Senin, 29 Oktober 2018 - 18:46:24 WIB

    Hari Pertama Ujian CPNS di Mentawai, Banyak Peserta Selesai Sebelum Waktu Habis

    Hari Pertama Ujian CPNS di Mentawai, Banyak Peserta Selesai Sebelum Waktu Habis MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Hari pertama pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Mentawai berjalan lancar, pada Senin (29/10) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Man.
  • Rabu, 01 Februari 2017 - 22:30:29 WIB

    BPJS Kesehatan Cabang Solok, 2019 Peserta JKN-KIS 100 Persen

    BPJS Kesehatan Cabang Solok, 2019 Peserta JKN-KIS 100 Persen SOLOK, HALUAN— Kerja keras dan komitmen BPJS Kesehatan Cabang Solok untuk mewujudkan Universal Health Couverage 2019 mulai menunjukan titik terang. Ini ditandai dengan semakin meningkatnya peserta JKN-KIS sejak enam bulan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]