PDAM Kehilangan Air 91 Liter/Detik


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:07:12 WIB

SOLOK, HALUAN — Pe­rusahaan Daerah Air Mi­num (PDAM) Kota Solok sampai saat ini sudah mam­pu memproduksi air seba­nyak 210 liter / detik dari sejumlah sumber air yang dimiliki. Namun dari jumlah tersebut yang bisa didistri­busikan pada pe­langgannya hanya 119 liter/detik. De­ngan demikian terjadi kehi­langan air 91 liter/detik.

Direktur PDAM Kota Solok Ridwan yang dihu­bungi di kantornya Senin (1/2) menjelaskan, dari 119 liter/ detik yang dimiliki PDAM sudah mampu men­jangkau seluruh masyarakat di Kota Solok dengan ting­kat pelayanan hampir 90 %. Sementara 10 % belum bisa dilayani karena jarak rumah dari pipa induk sangat jauh.

Kehilangan air sebesar 91 liter/detik itu sedang dilakukan observasi oleh PDAM bersama tim tek­nisnya apalagi di Kota Solok setiap hari masuk per­moho­nan penambahan langganan baru bagi masyarakat mau­pun bagi pengembang.

Kendati secara makro, PDAM Kota Solok sudah surplus air bersih namun Ridwan masih menyan­k­sikan tentang kehi­langan air 91 liter/detik, kehilangan air itu dari ana­lisanya memiliki 3 versi, yakni kehilangan akibat kebocoran pipa, kehi­langan akibat sambungan ilegal dan juga kehilangan akibat kesa­lahan teknis.

Jika masih ditemukan pelanggannya yang masih menjerit  akibat kekurangan air, bukan berarti debit air PDAM yang berkurang, melainkan hanya masalah tekanan yang tidak merata, debit air sudah surplus na­mun karena dipengaruhi tofografi terjadi ketidak seimbangan dalam pela­yanan. Masalah itu menjadi perhatian serius bagi PD­AM.

Untuk mengatasi terja­dinya permasalahan pela­yanan yang belum maksimal itu, PDAM Kota Solok su­dah merumuskan zona pela­yanan, rumusan itu dituang­kan dalam bentuk target yang harus dilak­sanakan sehingga tidak ada lagi kon­sumennya yang me­la­porkan tentang lemahnya pela­ya­nan oleh PDAM. (h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 April 2020 - 12:14:36 WIB

    Sudah Sepekan Kualitas Air PDAM Keruh, Pelanggan Mengeluh

    Sudah Sepekan Kualitas Air PDAM Keruh, Pelanggan Mengeluh PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Pelanggan PDAM Kabupaten Pasaman di Lubuksikaping, masih saja menumpahkan kekesalannya disejumlah flatform media sosial. Buruknya kualitas air dari perusahaan milik pemerintah daerah itu adalah ha.
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 20:57:02 WIB

    Peduli Korban Bencana, Hendra Pebrizal Serahkan Bantuan ke PDAM Solsel

    Peduli Korban Bencana, Hendra Pebrizal Serahkan Bantuan ke PDAM Solsel MAURA LABUH, HARIANHALUAN.COM -- Ketua PD Perpamsi Sumbar Hendra Pebrizal sekaligus sebagai Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang menyerahkan bantuan kepada PDAM Kabupaten Solok Selatan yang tertimpa musibah bencana al.
  • Rabu, 13 November 2019 - 09:21:16 WIB

    Murah dari Daerah Lain, PDAM Padang Sesuaikan Tarif

    Murah dari Daerah Lain, PDAM Padang Sesuaikan Tarif PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah melibatkan lembaga publik, kini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Padang melibatkan Lurah dan Camat dalam sosialisasi penyesuaian tarif air..
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 00:12:10 WIB

    PDAM Kota Solok Masih Upayakan Air Bersih Siap Minum

    PDAM Kota Solok Masih Upayakan Air Bersih Siap Minum SOLOK, HARIANHALUAN.COM–PDAM Kota Solok masih belum bisa mendistribusikan air bersih siap saji pada pelanggannya lantaran masih ada langkah kerja lainnya yang harus dilakukan..
  • Selasa, 25 Juli 2017 - 13:36:21 WIB

    Layani Konsumen, PDAM Bukittinggi Luncurkan Mobil Unit Reaksi Cepat

    Layani Konsumen, PDAM Bukittinggi Luncurkan Mobil Unit Reaksi Cepat BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- PDAM Tirta Jam Gadang Kota Bukittinggi terus meningkatkan pelayanannya kepada konsumen, dengan meluncurkan satu mobil unit reaksi cepat sebagai kenderaan operasional..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]