Parkir Liar Merajalela


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:07:58 WIB
Parkir Liar Merajalela Kendaraan pribadi yang parkir di terminal lama pasar Solok sering dipungut uang parkir oleh juru parkir liar, kendati kawasan terminal itu bukan kawasan parkir. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Parkir liar masih merajalela di Kota Solok. Hal ini ditandai dengan tidak adanya atribut yang menandai juru parkir. Selain itu pelaksanaan parkir juga tidak pada ka­wasan yang ditentukan Dinas Perhubungan Kota Solok sela­ku instansi yang memiliki tanggung jawab menentukan zona parkir.

Dari pantauan “Haluan” di Kota Solok parkir liar berada dibeberapa kawasan, seperti di depan eks DPD Golkar pinggir Batang Lem­bang, depan eks kantor DP­RD, terminal lama dan ter­minal Bareh Solok. Aktifitas parkir dibeberapa kawasan itu sepertinya dibiarkan begitu saja tanpa ada yang menindak.

Di terminal lama pasar Solok misalnya, setiap ken­daraan pribadi yang parkir di lokasi itu diminta uang parkir oleh seseorang yang mengaku juru parkir, besarnya uang parkir Rp 3.000, pada hal dalam peraturan daerah, uang parkir untuk kendaraan roda empat hanya Rp 2.000. Juru parkir itu tidak memiliki atri­but maupun pengenal lainnya.

Banyak pemilik kendaraan yang terpana dan heran ketika memarkir kendaraan dalam terminal lama pasar Solok, sebab saat memarkir ken­daraan tidak ada pengaturan oleh seseorang yang mengaku juru parkir. Namun begitu hendak meninggalkan ter­minal lama itu datang saja orang mengaku juru parkir dan meminta uang parkir.

Sering terjadi perdebatan antara pemilik kendaraan dengan juru parkir liar namun dari pada ribut-ribut akhirnya dibayar juga parkir dengan jumlah uang yang diminta. Begitu juga di terminal Bareh Solok, parkir liar juga ditemui terutama hari Selasa dan Jumat yang merupakan pasar pagi di samping terminal itu.

Kendaraan roda dua dan kendaraan angkutan barang diminta uang parkirnya oleh seseorang, pada hal terminal Bareh Solok bukanlah ka­wasan parkir yang ditentukan Dinas Perhubungan sesuai Surat  Keputusan Walikota Solok. Kendaraan angkutan barang berupa sayur itu juga sudah membayar restribusi, namun juga dikenakan uang parkir.

Kepala Dinas Perhu­bu­ngan Kota Solok Eva Nasri yang dihubungi “Haluan” di kan­tornya Rabu (3/2) tidak ditem­pat, namun sumber “Ha­luan” pada dinas tersebut mem­be­narkan adanya la­po­ran dari masyarakat tentang banyaknya parkir liar di Kota Solok.

Setiap juru parkir me­miliki atribut yang jelas, jika tidak ada atribut bukan juru parkir melainkan juru parkir liar dan pemilik kendaraan wajib menolak membayar parkir, apalagi di terminal lama dan terminal Bareh Solok tidak termasuk kawasan parkir. Terminal itu merupa­kan tempat menaikan dan menurunkan penumpang dan barang, jadi bukan kawasan parkir.

Terhadap prilaku parkir liar itu, kita berharap Satpol PP Kota Solok bisa mener­tibkan sehingga pemilik ken­daraan bisa aman dan nyaman jika datang ke Kota Solok, terang sumber tadi yang tidak bersedia disebutkan iden­titasnya. (h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 Juni 2020 - 15:39:41 WIB

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran HARIANHALUAN.COM - Sepuluh unit bus sekolah aset Pemko Pariaman sampai saat ini masih terparkir, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan daerah setempat. Siang berpanas, malam berembun, kondisi bus sekolah Pemko Pariaman y.
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 12:16:01 WIB

    Retribusi Parkir di Kota Solok Amburadul

    Retribusi Parkir di Kota Solok Amburadul SOLOK KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Solok diminta untuk lebih memperhatikan permasalahan parkir di daerah tersebut..
  • Selasa, 13 November 2018 - 12:48:21 WIB

    PAD Parkir Kota Pariaman Capai Rp1,3 Miliar per Tahun

    PAD Parkir Kota Pariaman Capai Rp1,3 Miliar per Tahun PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Komitmen kepala daerah sangat diperlukan untuk memajukan pariwisatanya ke tingkat dunia. Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengikatkan hal saat berkunjung di Pariaman, Minggu (11/11)..
  • Senin, 12 Juni 2017 - 00:10:12 WIB

    Di Payakumbuh, Tarif Parkir Tak Sesuai Perda Dikeluhkan

    PAYAKUMBUH, HALUAN – Sejumlah pengunjung di Pasar Payakumbuh mengeluhkan pemungutan uang parkir yang tak sesuai dengan tarif yang sudah ditetapkan dalam Perda nomor 19 tahun 2011 tentang Restribusi Parkir. Selisih tarif yan.
  • Jumat, 09 Juni 2017 - 12:20:59 WIB

    Antisipasi Macet, Dishub Siapkan Kawasan Parkir Alternatif

    Antisipasi Macet, Dishub Siapkan Kawasan Parkir Alternatif SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Kendati Lebaran masih jauh, sekitar 16 hari lagi, namun Dinas Perhubungan Kota Solok sudah melakukan kajian analisis kemungkinan dilakukannya rekayasa kawasan parkir sebagai antisipasi jika terjadi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]