P2TP2A Payakumbuh

Minimalisir KDRT dan Kekerasan Terhadap Anak


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:21:26 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemko Payakumbuh, melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) membentuk sebuah wadah pelayanan perlindungan keluarga, perempuan dan anak.

Wadah yang diberi nama Pusat Pelayanan Terpadu Pem­berdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) ini, ke­pengurusannya merupakan gabungan dari unsur peme­rintah daerah, vertikal serta tokoh masyarakat di kota ini. P2TP2A ini berkantor di BP­MP-KB Kelurahan Tanjung Gadang, Payakumbuh Barat.

Ketua P2TP2A, Dr. Hen­ny Riza Falepi, dalam rakor pengurus P2TP2A di Aula BPMP-KB, Kamis (4/2) me­ngatakan, pembentukan wa­dah tersebut sebagai upaya mencegah dan menyelesaikan permasalahan dalam rumah tangga di kota ini. “Pusat layanan ini bertujuan men­cegah dan meminimalisir ma­salah-masalah dalam rumah tangga, masalah remaja, pele­cehan seksual serta masalah sosial lainnya yang terjadi di Payakumbuh,” sebut Henny kepada Haluan.

Untuk program kerja ta­hun 2016, lanjutnya, seluruh elemen yang tergabung dalam kepengurusan pusat layanan terpadu akan melakukan ra­pat untuk membahas program yang realistis, yang me­n­do­rong warga menciptakan ru­mah tangga yang sakinah, mawadah dan waramah. Ra­pat yang dipimpin oleh Seke­retaris BPMPKB, Elvi Joni itu, ikut dihadiri oleh Ketua LKAAM  Payakumbuh, W. Dt. Paduko Bosa Marajo, Kepala Kantor Kemenag di­wakili H. Darius, Ketua FK­UB Desembri serta utusan MUI dan  Bundo Kanduang.

“Banyak faktor yang bisa memicu KDRT dan kekerasan pada anak di Payakumbuh, seperti kemiskinan dan ting­kat pendidikan yang rendah. Karena itu, P2TP2A hadir sebagai pusat layanan masya­rakat yang akan membantu masyarakat untuk mencegah dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi, khu­susnya KDRT dan kekerasan pada anak,” ujar Henny.

 Kendati demikian, kata Henny lagi, diharapkan selu­ruh pengurus P2TP2A mam­pu bersinergi, melakukan sosialisasi ke tengah ma­sya­rakat, menyampaikan tugas dan fungsi wadah sosial terse­but. “Mereka yang tergabung dalam P2TP2A ini, mudah-mudahan mampu beker­jasa­ma dalam mensejahterakan masyarakat Payakumbuh de­ngan cara menekan angka KDRT dan kekerasan pada anak,” pungkasnya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]