Situasi Politik Sumbar Kondusif

Implementasi Demokrasi Berjalan Baik


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:22:23 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Ke­pala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatra Barat Irvan Khairul Anan­da menilai kondisi politik Di Sumbar masih relatif tertib dan terkendali.Suksesi kepemimpinan melalui Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) berjalan sesuai peraturan perundang unda­ngan yang berlaku.Kendati partisi­pasi pemilih persentasenya sangat rendah namun implementasi deko­krasi pemilu berjalan tertib dan lancar.

Irvan Khairul Ananda pada Di Sawahlunto pada dialog politik yang berlangsung di Hall PT.BA UPO Rabu(3/1) menyebutkan, aspirasi dan hak hak politik rakyat dapat tersalurkan secara langsung dan benar.Perkembangan situasi politik Sumbar cendrung tertib dan kon­dusif. Hal itu tidak terlepas peran dari lembaga atau forum daerah dalam menjaga situasi dan kon­disifitas didaerahnya. “Peran lem­baga dan forum seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)Komite Inteli­jen Daerah (Kominda), serta lem­baga lainnya dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Melalui peran lembaga atau forum tersebut, seluruh komponen yang ada bisa duduk bersama dan apapun isu isu permasalahan didae­rah akan dibahas lebih lanjut de­ngan instansi terkait untuk ditindak­lanjuti dan dicarikan solusi peme­cahannya.

Dikesempatan itu Walikota Sawahlunto Ali Yusuf meminta kepada partai poilitik (parpol), LSM, Ormas dan tokoh masyarakat untuk bersama sama membangun sinergi dalam memelihara kondisi politik dikota ini, dengan mem­bangun kecerdasan kecerdasan berbangsa dan bernegara, seperti yang diharapkan bersama.

Ia juga berharap kondisi per­politikan dikota ini tetap kondusif dan terjaga, kendati berbeda latar belakang suku bangsa budaya dan agama, dinamika politik di Sawah­lunto tetap terjaga.\ “Malah dengan keberagaman menjadi kekuatan yang dapat membangun kota bah­kan, menjadi potensi nilai budaya yang terus terpelihara dengan baik,” kata bapak tiga anak itu. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]