Panta – Sianok Rawan Longsor

Pemkab Agam Usulkan Peningkatan Status Jalan


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:24:23 WIB
Pemkab Agam Usulkan Peningkatan Status Jalan Pj Bupati Agam, Jefrinal Arifin, di dampingi Sekda Agam, Syafirman saat meninjau jalan Panta - Sianok yang longsor. (KASRA SCORPI)

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam telah mengusulkan peningkatan status jalan Panta - Sianok sepanjang 15 kilometer dari jalan kabupaten ke jalan provinsi supaya dapat diperlebar.

Pj Bupati Agam, Jefrinal Ari­fin, saat melakukan pe­nin­jau­an beberapa titik long­sor pa­da ruas jalan tersebut Rabu (3/2) mengatakan, pe­ning­ka­tan status jalan Panta - Sia­nok se­makin penting. Pa­sal­nya, ja­lan ini kian hari kian ramai di­lewati kendaraan. “Selain itu, jalan ini juga me­ru­pa­kan jalan pin­tas yang da­pat memper­pen­dek jarak tem­puh bagi ma­sya­rakat dari wila­yah Agam Barat yang hendak ke Bukittinggi,” kata Pj Bupati Agam ini.

Namun, sebutnya, hingga saat ini ruas jalan itu masih sempit dan rawan longsor. Untuk membangunnya agar dapat menampung tingginya arus lalulintas yang kian pa­dat, anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam sendiri tidak mencukupi. “Un­tuk itu, status jalan ini sudah seharusnya ditingkatkan men­ja­di jalan provinsi, supaya mendapat anggaran yang le­bih banyak. Status baru terse­but, kini tinggal menunggu SK saja,” sebutnya.

Jika ruas jalan tersebut telah diperlebar dan mulus, dikatakan Jefrinal lagi, ten­tunya akan dapat mengurangi kepadatan arus lalulintas di Balingka dan Padang Luar yang dikenal sangat pada dan sering macet.

Pada kegiatan peninjauan ja­lan longsor, Pj Bupati yang di dampingi Sekda Agam, Sya­firman juga menyerahkan ban­tuan beras sebanyak 120 ki­logram kepada korban long­­sor atas nama Gadih (62), yang warung kulinernya roboh to­tal dihantam ma­terial long­sor.

Jalan Panta - Sianok yang mengalami longsor pada Sab­tu (29/1), kini sudah dapat dilewati kendaraan setelah dikerjakan dengan meng­gu­nakan alat berat.

Sementara itu, salah se­orang anggota DPRD Agam dari fraksi Golkar, AR Yuti­nof mengatakan, selain jalan Panta - Sianok, dalam bebe­rapa tahun terakhir Peme­rintah Agam juga telah me­ngu­sulkan peningkatan status sejumlah ruas jalan ka­bu­paten menjadi jalan provinsi, di­antaranya yang telah terea­lisasi jalan Palembayan dan Pagadih Palupuh. (h/ks)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]