Nagari Melawan Perusak Alam

Masyarakat Sinamar Tolak PT SLN


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:25:26 WIB
Masyarakat Sinamar Tolak PT SLN Habis batubara terbitlah danau danau besar bekas penambangan di Nagari Sinamar. Walinagari dan masyarakat setempat kini menolak kehadiran PT SLN untuk melanjutkan pengurasan sumber daya alam. (MARYADI)

DHARMASRAYA, HALUAN — Masyarakat Nagari Sinamar tidak merasakan dampak positif keberadaan PT Sinamar Lintas Nusantara (SLN) meski sudah beroperasi diwilayahnya sejak tahun 2008. Masyarakat setempat  bahkan  tidak menerima dana Coorporate Social Responsibility (CSR).

Justru selama ini ma­sya­ra­katnya lebih banyak mera­sa­­kan keresahan, terutama ter­hadap kerusakan alam yang terus diga­ruknya. ”Se­men­jak PT.SLN beroperasi di Na­gari Sinamar, belum ada ma­sya­rakat setempat me­ra­sakan dana CSR seperti untuk pen­didikan,” ungkap Wali­na­gari Simanar, Marzuki, kepa­da para wartawan, Selasa (2/3).

Dikatakannya, bukan man­­faat yang didapat oleh masyarakatnya, melainkan hanya persoalan yang tumbuh. Kerusakan alam serta ling­kungan aliran sungai, karena perusahaan tersebut diduga berjalan tidak sesuai dengan aturan.

Sejauh ini katanya, setiap perusahaan pasti memiliki dana CSR yang diperuntukan untuk masyarakat sekitar perusahaan, akan tetapi ma­sya­rakatnya sendiri tidak me­ra­­sakan dana CSR itu.”Ada nagari meminjam alat berat untuk rehap jalan, apakah itu dimasukkan pada CSR itu kami tidak tahu,”imbuhnya.

Untuk ke depan tegas Pak Walinagari,   masyarakatnya sudah sepakat tidak akan menerima perusahaan itu beroperasi di wilayahnya lagi, bila pihak perusahaan hanya akan menyisakan luka bagi masyarakat dan hanya me­ngeruk keuntungan tanpa memikirkan masyarakat se­tem­p­at. ”Jika mereka kembali beroperasi, maka kami seba­gai masyarakat akan meno­laknya secara tegas, karena perusahaan tidak memikirkan nagari  kami,”tegas Marzuki.

Bahkan saat kunjungan men­dadak Bupati Dhar­mas­raya, Syafizal Ucok, yang juga didampingi Kapolres Dhar­masraya, AKBP. Lalu Mu­hamad Iwan Mahardan, serta beberapa pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Dhar­masraya, secara lantang bupa­ti mengatakan bahwa pejabat terkait, seakan selama ini tutup mata dalam hal yang terjadi di perusahaan itu yang notabenenya sama sekali ti­dak mengikuti prosedur yang ada.”Jangan-jangan mereka ini, (para Pejabat-Red) terkait ada kongkalingkong dengan perusahaan. Buktinya kenapa hal ini dibiarkan begitu sa­ja,” tandas Kepala BPM Provinsi Sumbar ini.

Tidak hanya dari segi dam­pak lingkungan dan pro­ses ketentuan teknis saja, yang membuat rakyat dan Bupati Dharmasraya itu “ta­buran­sang”, karena peru­sahaan itu juga tidak memenuhi kewa­jiban hibahnya kepada Pem­kab Dharmasraya sebagai­mana yang sudah disang­gu­pinya dimana akan memberi hibah sebesar Rp3 ribu setiap satu ton Batubara yang dipro­duksinya. “Tahun 2015 PT. SLN memproduksi 48 ribu ton, dan sama sekali belum diberikan kepada pemda,”  ujar Bupati Ucok.

Salah seorang Pimpinan PT.SLN bernama, Armed, yang ditanya Haluan lewat telpon selulernya terkait apa yang dipaparkan Walinagari Sinamar, ia tidak mau men­ja­wabnya sedikitpun atau bung­kam seribu bahasa. (h/mdi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 22:57:06 WIB

    Punya Takah, Mulyadi Pemimpin Ideal Masyarakat Sumbar

    Punya Takah, Mulyadi Pemimpin Ideal Masyarakat Sumbar HARIANHALUAN.COM - Warga Kabupaten Solok, Yeti S mengatakan jika Mulyadi digadang-gadang sebagai calon gubernur terkuat di Sumbar karena ia memiliki tiga kriteria pemimpin, yaitu Takah, Tageh dan Tokoh. Takah adalah penampila.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 19:10:13 WIB

    Mulyadi Terus Berjuang Demi Kepentingan Masyarakat Sumbar

    Mulyadi Terus Berjuang Demi Kepentingan Masyarakat Sumbar HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi menegaskan memperjuangkan nasib masyarakat sudah menjadi sebuah kewajiban. Dia pun bersyukur bisa selalu membantu dan bermanfaat bagi masyarakat di Ran.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 07:52:53 WIB

    Karang Taruna Mesti Ikutserta Edukasi Covid-19 ke Masyarakat Sumbar

    Karang Taruna Mesti Ikutserta Edukasi Covid-19 ke Masyarakat Sumbar HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit kembali memberikan pembekalan kepada seluruh Karang Taruna agar memiliki peran dengan cara memberikan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat sekaligus mengajak menerap.
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 22:59:33 WIB

    Maju di Pilgub Sumbar, Masyarakat Solok Dukung Penuh Mulyadi

    Maju di Pilgub Sumbar, Masyarakat Solok Dukung Penuh Mulyadi HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi mendapat dukungan dari beragam kalangan masyarakat untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020. Selain partai politik, dukungan untuk Mulyadi juga .
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 12:41:53 WIB

    Manfaat Kerja Nyata Mulyadi Dirasakan Masyarakat Hingga Perbatasan Sumbar-Riau

    Manfaat Kerja Nyata Mulyadi Dirasakan Masyarakat Hingga Perbatasan Sumbar-Riau HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi mendorong pembangunan jalan Pangkalan-Gelugur, Lima Puluh Kota. Jalan ini merupakan rute alternatif menuju Rokan Hulu, Provinsi Riau..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]