Peserta KIS Sulit Dijangkau

Distribusi KIS Rentan Pungli


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:28:51 WIB

PADANG, HALUAN—BPJS Ke­se­hatan Cabang Padang berupaya menuntaskan distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk masyarakat pada 5 kabupaten/kota yang berada di wilayah kerjanya. Hingga saat ini, pem­bagian KIS untuk Kota Padang sudah tuntas. Sedangkan KIS untuk warga Pariaman, Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Mentawai masih dalam proses.

Selain itu, setiap warga yang mendapatkan KIS yang meru­pakan bentuk baru dari kartu BPJS penerima bantuan iuran (PBI) atau dulu disebut Jam­kesmas, tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika ada yang me­minta uang dalam bentuk apa­pun, seperti upah antar, maka segera laporkan ke Posko Pe­mantauan dan Penanganan Pe­ngaduan Distribusi KIS PBI di kabupaten/kota atau di nomor hp 08126746227.

“Sebagian KIS sudah sampai ke tangan masyarakat. Sebagian lainnya masih dalam proses dis­tribusi. Bagi masyarakat yang sudah menerima KIS, bisa lang­sung menggunakannya. Namun jika belum bisa digunakan, segera saja laporkan ke Posko,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Fah­rurozi pada warta­wan, Rabu (3/2) di Padang.

Fahrurozi yang didampingi Kadis Kesehatan Sumbar diwa­kili Lila Anwar, Kadis Sosial diwakili Indarefis, Ka­disduk­capil Padang  Wedistar dan Kacab JNE Yusran sebagai ketiga yang mendapat amanah mendistribusikan KIS, lebih jauh menjelaskan, distribusi KIS rentan pungli karena terkendala dengan lokasi tempat tinggal peserta yang sulit dijangkau, medan yang sulit dan terpencar-pencar.

Meski demikian, BPJS Kese­hatan yang menjalin kerjasama dengan aparat kecamatan, Dinas Kesehatan setempat dan juga JNE untuk distribusi, tetap beru­paya me­nembus kendala itu agar KIS sampai ke tangan peserta.

Tak dipungkiri pula, dite­mukan beberapa warga yang sebenarnya sudah tak berhak menerimanya, karena perbaikan status ekonominya. Juga dite­mukan penerima sudah me­ninggal dan pindah. Jadi kartunya diserahkan lagi ke BPJS Ke­sehatan

“Lokasi tempat tinggal pe­serta KIS PBI, medannya sulit, jauh di pelosok. Kadang petugas harus bermalam di jalan untuk mengantarkannya,” terang Yus­ran yang dipercaya men­distri­busikan KIS untuk wilayah Sumatera.

Sementara soal pungutan, Yusran tak menampik ditemukan beberapa kasus, seperti di Pessel dan Pasaman Barat. Kasus ini sudah ditindaklanjutinya dengan mendata warga yang dimintai uang. Kemudian, uang yang di­pungut dikembalikan ke masing-masing warga.

“Sedangkan di Pasaman Ba­rat, terindikasi praktek pungutan liar ini dilakukan oleh aparat desa setempat. Persoalannya juga sudah ditangani. Karena me­mang, tidak ada pungutan pada warga,” katanya.

Kadis Sosial Sumbar diwakili Sekretaris Indarefis menyebut, mulai tahun ini setiap masyarakat miskin dan kategori Penyandang Masalah Kesehatan Sosial (PM­KS), tidak bisa serta merta men jadi peserta BPJS pemegang KIS PBI. Tetapi mereka harus mendapatkan rekomendasi dari Dinas Sosial dulu.

“Begitu di rumah sakit. Tidak bisa lagi minta layanan kesehatan dulu, kemudian urus BPJS. Jadi urus kartu dulu, baru dapat layanan,” tegasnya.

Menurut Fahrurozi, KIS PBI yang dibagikan saat ini untuk masyarakat yang berada di wilayah kerja BPJS Cabang Padang sebanyak 528.758 jiwa. Masing-masing di Padang 187.331 jiwa, Kota Pariaman 22.337 jiwa, Padang Pariaman 137.262 jiwa, Pessel 153.885 jiwa dan Mentawai 27.943 jiwa. Sedangkan peserta yang sudah terdaftar hingga saat ini sebagai pemegang KIS PBI sebanyak 565.107 jiwa. (h/vie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 18:32:03 WIB

    Pelanggan Keluhkan Distribusi Air PDAM Padang

    Pelanggan Keluhkan Distribusi Air PDAM Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Warga Komplek Taruko 1 Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji mengeluh karena pasokan air bersih dari PDAM Kota Padang tidak lancar mengalir ke rumah warga..
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:05:05 WIB

    PDAM Padang Perbaiki Pipa, Distribusi Air di Wilayah Ini Bakal Terganggu

    PDAM Padang Perbaiki Pipa, Distribusi Air di Wilayah Ini Bakal Terganggu PADANG, HARIANHALUAN.COM--Adanya pekerjaan lanjutan perbaikan pipa distribusi DN. 300 mm DCIP di Jalan St. Syahrir tepatnya di Simpang Komplek Cendana Mata Air, Padang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang menya.
  • Senin, 26 September 2016 - 02:04:28 WIB

    27.440 Tabung Elpiji 3 Kg Didistribusikan

    27.440 Tabung Elpiji 3 Kg Didistribusikan PADANG, HALUAN — PT. Pertamina (Per­sero) Marketing Operation Region I Sumatera Bagian utara (Sumbagut), menambah pasokan LPG (Liquefied Petroleum Gas) 3 kilogram sebanyak 27.440 tabung untuk Kota Padang..
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:19:17 WIB

    Sungai Meluap, Distribusi Air PDAM Kembali Terganggu

    PADANG, HALUAN — Pas­ca hujan deras beberapa waktu lalu yang menyebabkan ke­rusakan jaringan pipa PDAM Padang, pendistribusian air ke pelanggan hingga saat ini be­lum sepenuhnya normal..
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 03:31:10 WIB

    Distribusi 148 Ribu TNKB Sepeda Motor Terkendala

    Distribusi 148 Ribu TNKB Sepeda Motor Terkendala PADANG, HALUAN — Distri­busi 148 ribu materil Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) roda 2 (R2) di wilayah hukum Polda Sumbar hingga saat ini masih terkendala. Hal ini disebabkan materil dari Mabes Polri belum kunjung sa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]