Sepekan Berpulangnya Hj. Mukhniarti Basko

Tahlilan Serentak di Empat Kota


Jumat, 05 Februari 2016 - 03:48:32 WIB
Tahlilan Serentak di Empat Kota H BASRIZAL KOTO (berpeci) berbincang dengan dua kerabatnya, Irman Gusman dan Mantan Presdir Bank CIMB Niaga Arwin Rasyid di setelah mengikuti tahlilan tujuh hari berpulangnya Hj Mukhniarti Basko. (DESVANDRI)

Sepekan setelah berpulangnya istri owner Basko Grup, Hj. Mukhniarti Bas­ko seluruh kar­ya­wan dan kerabat H Bas­rizal Koto menggelar tahli­lan di empat kota, serentak, Kamis (4/2) di Jakarta, Padang, Pekanbaru dan Batam.

Di Jakarta Tahlilan hari ke-7 diisi dengan tausiah yang disampaikan Buya Hafif Hamka, anak Buya Hamka.

Acara tahlilan dihadiri se­jum­lah tokoh seperti Ketua DPD Irman Gusman, Mantan Presdir CIMB Niaga, Muslim Kasim,. Fauzi Bahar, Mustofa direksi Bank Muamalat, dan puluhan anggota Batalyon 330 Nagreg Cicalengka.

Dalam tausiahnya Hafif Ham­ka mengajak umat muslim untuk terus meningkatkan ke­imanan dan ibadah supaya bisa tersenyum saat meninggal.

“Dulu waktu lahir kita mena­ngis, tapi orang sekitar kita tersenyum bahagia. Tapi bagai­mana supaya kita tersenyum ketika meninggal, di tengah isak tangis orang-orang tercinta,” kata. Hafif.

Hafif mengingatkan bahwa hidup ini tidak lama, hanya seperti orang minum kopi, istira­hat sebentar untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

“Tidak ada yang pernah tahu kapan kita meninggal. Di usia berapa kita meninggal dan di­mana kita meninggal. Karena itu kita harus selalu siap dengan segala amal ibadah dan budi baik,” kata Hafif.

Menurut Hafif, mari kita jaga penampilan dengan amal saleh, dengan prilaku yang baik se­hingga saat meninggal kita bisa tersenyum. “Jangan sampai orang senang kita meninggal, karena hidup kita banyak merugikan orang lain. Jadilah orang yang dirundukan,” kata Hafif.

Hafif menyebut kalimat yang biasa dikatakan bahwa hanya maut yang memisahkan kita, tidak benar, karena setelah kia­mat nanti orang-orang yang ber­amal saleh akan berkumpul dengan keluarganya.

Dari Padang, alunan tahlil, tasbih dan takbir menyelang-nyelingi bacaan Surat Yasin yang dipimpin Buya Masoed Zein di Nan Tongga Ballroom Hotel Basko, Kamis (4/2). Puluhan karyawan Basko Group yang membaur bersama anak panti asuhan, tampak khidmat mengi­ringi bacaan ayat per ayat dari Surat Yasin, dalam rangka tahlil dan yasinan manujuah hari Al­mar­humah Mukhniarti Basko, istri dari CEO Basko Group Bapak H. Basrizal Koto.

Selepas Salat Ashar berjama­ah yang dipimpin Buya Masoed, karyawan Basko Group dan anak-anak panti asuhan duduk meling­kar dan mulai membuka Surat Yasin di tangan masing-masing. Setelah diawali pembacaan Alfa­tihah dan istigfar, Buya Masoed mulai membaca ayat per ayat Surat Yasin. Selang beberapa ayat, diselingi doa yang ditujukan khusus kepada Almarhumah Mukhniarti. Begitu seterusnya hingga usai.

Berbagai pelajaran hidup disampaikan Buya Masoed Zein kepada jamaah tahlil yang di antaranya juga terlihat adik kan­dung Almarhumah Ibuk Ita dan keluarga, Robby Wiryawan sela­ku GM Basko Grand Mall dan Zul Effendi selaku Pimpinan Umum (PU) Harian Haluan. Salah satu hikmah yang disam­paikan adalah mengenai pen­tingnya memeringati hari ber­pulang dengan membacakan Surat Yasin dan mengirimkan doa bagi Almarhumah.

“Jiwa-jiwa orang yang telah terdahulu pasti mendengar doa-doa tersebut, dan mereka ber­gembira atas doa-doa dari orang yang suatu saat nanti akan me­nyusul mereka. Oleh karena itu kita berharap agar doa kita dapat dilimpahkan seumpama pa­ha­lanya kepada Almarhumah Mukhniarti,” ucap Buya Masoed.

Selain itu, Buya juga me­nyam­paikan bahwa pembacaan Yasin yang diselingi dengan doa-doa kepada Allah dilakukan agar Almarhumah mendapat kemu­dahan dan kelapangan, serta mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah. Selain itu, dengan doa tersebut juga diha­rapkan agar keluarga dan karya­wan/ti yang ditinggalkan selalu diliputi kesabaran dan keta­wakkalan, sehingga dapat me­ne­ruskan semangat dan perjuangan Almarhumah Mukhniarti.

“Menurut saya pribadi, an­taran Yasin dan doa ini juga wujud hormat dari karyawan/ti Basko Group kepada Almar­humah. Yang mana selajur pula dengan apa yang diajarkan dalam Islam soal pentingnya meng­hormati atasan, selama atasan tidak mengajak kepada kemung­karan. Dan tentu kita menyakini bahwa semasa hidupnya, almar­humah selalu mengingatkan dan mengajak karyawan/ti pada ke­baikan,” katanya lagi.

Sementara itu dalam sam­butannya, Robby Wiryawan sela­ku GM Basko Grand Mall me­nga­takan, tahlilan tujuh hari berpulangnya Almarhumah Mu­k­h­niarti Basko diselenggarakan dengan harapan agar Almar­humah mendapat tempat terin­dah di sisi Allah serta diampuni segala dosa-dosanya.

Pimpinan Umum Harian Haluan Zul Effendi mengatakan, peringatan manujuah hari Almar­humah memang sengaja digelar pada hari Kamis, terhitung tujuh hari setelah Almarhumah dike­bumikan. “Sengaja digelar seren­tak di Jakarta, Padang, Pekan­baru dan Batam. Pak Bas sendiri dengan keluarga besar menggelar tahlilan di Jakarta. Sedang di Pekanbaru, karyawan/ti Basko Group di sana juga menggelar kegiatan serupa. Kita berharap agar doa yang dipanjatkan diteri­ma oleh Allah, dan semisal pahalanya mengalir kepada Al­mar­humah,” harapnya.

Pimpinan Umum Haluan juga mengenang betapa besarnya kontribusi dan dukungan yang datang dari Almarhumah kepada Harian Haluan. Terbukti saat Haluan mulai diterbitkan di bawah bendera Basko Group, Almarhumah menghadiri lang­sung acara penerbitan edisi per­tama tersebut.

Sementara itu di Batam, Ke­luarga Besar Harian Umum Haluan Kepri juga menggelar hajatan serupa di lantai II Gedung Pers Centre, Garama Bengkong. Semua karyawan hadir.

Tahlilan berlangsung khusuk itu dipimpin langsung Pelaksana Tugas Pemimpin Redaksi Ha­luan Kepri, Andi didampingi Pemim­pin Perusahaan, Ramli, Dewan Redaksi, H. Kasri, Redak­tur Pelaksana I, Syahdan, Re­dak­tur Pelaksana II, R Ghafur dan Koor­dinator Litbang, Ferry Hariyanto.

Haluan Kepri juga mengun­dang, anak-anak panti Asuhan As Sakinah Bengkong Polisi.

Selepas tahlilan, Haluan Ke­pri berkenan menyantuni anak yatim. Mereka terlihat turut berkabung atas kepergian Hj. Mukhniarti Basko, istri tercinta pemilik Haluan Kepri.

Rahwani, Pengurus Panti Asuhan As Sakinah menyatakan rasa duka mendalam atas ke­pergian Hj. Mukhniarti Basko. Ia memperoleh kabar duka itu beberapa minggu lalu ketika membaca koran ini.

“Kami semua mendoakan agar almarhumah, Hj. Eti Basko tenang di alam baka, di terima Allah SWT dan ditempatkan surga nantinya. Amiin,” ujar Rahwani, usai tahlilan.

Pelaksana Tugas Pemimpin Redaksi Haluan Kepri mengaku kepergian Hj. Eti Basko menyim­pan duka mendalam bagi karya­wan. Andi menilai sosok Hj. Eti yang setia, sabar mendampingi suaminya, H. Basrizal Koto hing­ga ke tangga sukses patut menjadi tauladan bagi semua karyawan.

“Selain Pak Bas, kita itu juga memiliki sosok yang penuh inspi­rasi. Yakni Ibu Eti. Kita pantas memetik hikmah dari kisah per­jalanan hidupnya,” kata Andi.  (h/ds/isq/cw55)

 

Laporan:
TIM HALUAN
 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]