Anggota DPD Nofi Candra

Dukung Sumbar Tuan Rumah PON


Rabu, 03 Februari 2016 - 09:13:46 WIB

Padang, Haluan — Ang­­­gota DPD-RI H. Nofi Can­­dra mendukung ke­ingi­nan Sumatera Barat  men­ja­di tuan rumah PON tahun 2024. Menurut Nofi, dengan mem­­bangkitkan budaya mi­nang yang kuat dalam hal go­­­to­ngroyong, mestinya ti­dak ada yang tidak mungkin. Slo­gan “ Sumbar bisa”, ha­rus men­jadi pegangan semua pemangku kepen­tingan, pe­merintah dan prak­­­­tisi olah­raga untuk men­capai obsesi be­sar ini. ”Dengan berpikir besar akan memperoleh hasil yang be­­­sar, makanya ti­dak ada yang tidak mung­kin, selagi ki­ta mau ber­usa­ha,” kata Nofi kepada Ha­luan melalui pesan singkat di pon­sel pin­tarnya, Rabu (3/2).

Senator muda asal Sum­bar itu mengaku pernah ber­temu dengan Ketua KO­NI Sumbar Syahrial mem­bica­rakan iven PON 2024. Da­lam pertemuan itu, ia mem­perbincangkan ke­sia­pan Sum­bar agar terus ber­benah untuk mengejar ke­ter­ting­galannya dari daerah lain, terutama di luar Jawa. “ Kita mengapresiasi keingi­nan Sumbar menjadi tuan rumah PON 2024, “ ung­kapnya

Sebagai bentuk duku­ngan, anggota DPD-RI itu se­lain akan mengadakan pen­dekatan kepada kemen­trian Pemuda dan Olahraga se­cara kelembagaan dan pri­badi, ia juga berusaha me­lakukan lobi-lobi terha­dap anggota DPD dari dae­rah lain. Upaya meyakin­kan senator dari daerah lain pen­ting artinya untuk ber­sa­ma-sama mendorong pe­me­rintah agar mengu­kuh­kan Sumbar menjadi tuan ru­mah, PON 2024. “ Kita da­ri Sumbar memiliki 4 orang wakil daerah di DPD, te­tapi penting artinya men­de­kati senator lain agar ikut me­ngantarkan Sumbar me­ra­ih kesuksesan seba­gai tu­an rumah PON 2014,” tu­tur Nofi yang juga Ketua Per­­kemi Kabupaten Solok ini.

Untuk mewujudkan ob­sesi ini,  Nofi Candra me­ngingatkan banyak hal yang harus dibenahi, terutama untuk organisasi olahraga seperti KONI sebagai induk cabang olahraga. Ia melihat selain pembinaan atlet, sara­na prasana yang memadai bagi atlet untuk latihan, dan tidak kalah pentingnya ada­lah soal kegiatan turnamen dan iven-iven olahraga da­lam kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang harus diting­katkan grafiknya.

Terhadap itu, kata dia, dalam interval waktu men­jelang 2024, sudah saatnya Sumbar menyusun grand strategi pembangunan olah­raga prestasi untuk men­dukung pemerintah dalam rangka mencapai sasaran dan target prestasi khu­susnya di multi iven PON. Pemprov Sumbar juga digu­gah agar mempersiapkan sarana Pra­sarana dalam berbagai ben­tuk venus per­tandingan.

Sejalan dengan itu, kata Nofi, KONI harus mengejar dukungan dari semua pihak guna menjalankan program dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan olah­­raga prestasi daerah.

“ KONI juga harus me­nyusun program jangka pendek dengan membuka iven-iven olahraga  seperti Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL), Kerjurnas dan Pra PON “ beber mantan ketua KONI Kabupaten Solok ini. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]