Alwis: Hutang Relokasi RSUD Dicicil Tahun 2017


Jumat, 05 Februari 2016 - 10:47:17 WIB

PAI­NAN, HALUAN — Kabu­paten Pesisir Selatan akan mencicil hutang pinjaman pro­yek relokasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein pada pertengahan 2017 mendatang. Menjelang ang­suran pembayaran hutang, pembangunan rumah sakit di Bukit Kandang Painan sudah selesai dan siap beroperasi.

Pj Bupati Pessel Alwis Kamis (4/2) mengatakan, pen­gerjaan proyek pembangunan RSUD sedang berlangsung. Dijadwalkan tahun 2017 men­datang Pemkab Pessel sudah mulai membayar hutang pin­jaman ke Pusat Investasi Peme­rintah (PIP) pada kisaran Rp25-30 miliar selama lima tahun.

Dikatakannya, sumber pen­danaan pembangunan RSUD berasal dari PIP Kementerian Keuangan RI sebesar Rp99 miliar, dan di­bang­un di Bukit Kan­dang Painan Sela­tan. “Tentu kita ber­­harap pem­ba­ng­unan bisa ter­lak­sana dengan baik,” katanya.

Terpisah, Ke­tua DPRD Pe­ssel Mar­ta­wijaya men­ye­butkan, daerah ini menjadi kabupaten kedua penerima bantuan PIP di Pulau Sumatera semenjak adanya PIP. Semua berharap kegiatan relokasi ini dapat berlangsung dengan sukses.

Ditambahkannya, Pemkab wajib melakukan pembayaran pokok dan bunga ke PIP  yang  dianggarkan dalam APBD. Daerah itu telah membuat kesepakan dan penandatangan perjanjian pinjaman PIP tahun lalu. Itu upaya un­tuk melegalkan ba­h­wa pihak pertama yakni PIP telah be­r­­setuju untuk me­m­berikan sejumlah bantuan, begitupula pihak ke dua juga sudah bersetuju un­tuk mengikuti se­luruh aturan main yang ditetapkan pe­merintah pusat da­lam hal ini adalah aturan yang ditetapkan PIP.

Dikatakannya, salah satu peryaratan yang harus dipenuhi adalah Pessel perlu menetap­kan Peraturan Daerah. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]