Tiga Kepala Daerah Bicara Pariwisata di Padang


Jumat, 05 Februari 2016 - 14:59:43 WIB

PADANG, HALUAN— -Tiga kepala daerah di Indonesia bakal bertemu dalam suatu forum seminar yang digagas Kementerian Pariwisata dan IKA Fakultas Ekonomi Uni­versitas Andalas, Sabtu (6/2), di salah satu hotel berbintang di Padang.

Dalam seminar nasional itu ketiga kepala daerah akan membahas sektor pariwisata dan keunggulan daerah ma­sing-masing.Tiga kepala dae­rah itu yakni Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo, W­a­likota Bandung Ridwan Ka­mil, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Ketiga kepala daerah ini akan saling berbagi penga­laman dalam pengembangan pariwisata daerah masing-masing pada seminar nasional bertajuk “Menciptakan ino­vasi dan daya saing sektor pariwisata Indonesia dalam menghadapi masyarakat eko­nomi asean (MEA)”.

Menteri Pariwisata me­lalui Asisten Deputi Pengem­bangan Segmen Pasar Perso­nal, Rase­no Arya mengatakan bahwa salah satu tugas Ke­menterian Pari­wisata adalah mendorong bagai­mana pe­mangku kepen­tingan mampu mengelola pari­wisata di dae­rahnya termasuk swadaya masyarakat untuk berupaya meningkatkan daya saing. Terutama dalam meng­hadapi pasar bebas ASEAN dan ME­A.

Lebih lanjut Raseno me­ngatakan, melalui kegiatan tersebut ketiga kepala daerah berprestasi dan sudah banyak memberikan gebrakan dalam pengembangan sektor pari­wisata di daerahnya ini agar sharing ilmu kepada stake­holders pariwisata dan kepala daerah lainnya. Teru­tama seluruh kepala daerah di Sumatera Barat agar lebih maju dan berkembang.

“Terkait dengan MEA, diperlukan kesiapan destinasi wisata dimana saja di Indo­nesia, terutama peningkatan kualitas SDM pariwisata un­tuk siap bersaing secara glo­bal. Kemenpar juga telah membuat program-program untuk mencapai hal tersebut,” jelas lelaki yang juga Ketua IKA FE Unand ini.

Terpisah, koordinator dan pengarah kegiatan seminar yang juga beberapa kali men­jadi tim ahli di kegiatan Pari­wisata Sumbar, Sari Lengg­ogeni, menjelaskan ke­ti­ga kepala berprestasi ini akan mengupas lebih dalam ten­tang daya saing masing-ma­sing daerah.

Seperti ‘Innovative Tou­rism’ untuk Bupati Banyu­wangi, ‘Creative City and Creative People’ untuk Wali­kota Bandung, dan ‘Com­munity Based Tourism’ me­ngarah ke kearifan lokal untuk Walikota Padang.

Hal ini terkait dengan superior value dari pariwisata dan prestasi yang telah dida­pat oleh ketiga kepala daerah. Sangat diharapkan moment ini menjadi bagian dari take and gift, transfer of knowledge dan menginspirasi kepala daerah lain, pelaku wisata serta SKPD terkait.

“Kegiatan ini sebenarnya terbatas untuk undangan yang terkait pariwisata berdasar­kan permintaan dari kemen­terian, namun saya berharap transfer of know­ledge ini bisa didesiminasikan melalui me­dia nantinya,” ujar Sari yang akan langsung me­mo­deratori kegiatan tersebut nantinya.

“Kegiatan ini Al­ham­dulil­lah mendapatkan dukungan dari Pemko Padang dan juga pada pelaksanaan dibantu oleh IKA FE Unand. Sejauh ini ketiga kepala daerah sudah menjadwalkan waktu beliau.

Besar harapan kita agar semua berjalan lancar pada 6 Februari nanti. Selain itu melalui kegiatan ini Padang akan semakin memperkuat fungsinya sebagai MICE des­tination,” tambah Sa­ri.(h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]