Diskoperindag Bantu Sepuluh Koperasi


Jumat, 05 Februari 2016 - 23:50:18 WIB
Diskoperindag Bantu Sepuluh Koperasi Alfiandri Putra.

SOLSEL,HALUAN — Dinas Koperasi In­dustri dan Perda­ga­ngan Solok Selatan (Solsel) menyalurkan bantuan stimulan yang diperoleh dari Kementerian Pe­de­saan dan Daerah Ter­tinggal terhadap sepuluh koperasi yang ada di daerah itu.

Bantuan tersebut berupa aplikasi Sarana Informasi Edukasi Kewirausahaan (SIEK) dan perangkat keras berupa dua unit kom­puter dan satu unit server dan pe­rangkat pendukung lainnya, sedangkan tender dilakukan di tingkat pusat.

Baca Juga : Gas Tabung Melon Mulai Langka di Muara Labuh

“Penye­rahan dilakukan pada akhir  2015 dan sepuluh koperasi yang mendapatkan ban­tuan ter­sebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada setelah ada penilaian bahwa koperasi terse­but sehat,” kata Kepala Dinas Koperindag Solsel, Akhirman melalui Kasubag Keua­ngan Alfiandri Putra saat ditemui Haluan,(4/2).

Alfiandri menyatakan, salah satu indi­kator koperasi dinyatakan sehat adalah rutin menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT). Selain itu, koperasi mempunyai badan hukum serta ada kegiatan yang aktiv. “Kelayakan suatu koperasi dinilai oleh kementerian,”tambahnya.

Baca Juga : Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Sepelekan Protkes, Corona Tak Akan Hilang

Ia mengharapkan, dengan adanya ban­tuan SIEK dapat memotivasi dan menam­bah pengetahuan bagi Sumber Daya Manu­sia (SDM) dalam mengembangkan kopera­si.” Karena dalam aplikasi SIEK terdapat kumpulan informasi yang detail bahkan meninspirasi untuk berkembangnya suatu koperasi,”tutupnya. (h/jef)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]