Nagari Koto Baru Solok Selatan

Eksis Berkat Kawasan Saribu Rumah Gadang


Sabtu, 06 Februari 2016 - 00:35:16 WIB
Eksis Berkat Kawasan Saribu Rumah Gadang

Kawasan Saribu Rumah Gadang digadang-gadang sebagai ikon Solok Selatan (Solsel) dan pernah diusulkan sebagai warisan dunia. Tak tanggung-tanggung, orang beken seantaro Indonesia pernah me­ngun­jungi kawasan itu, mulai dari artis kenamaan hingga level eksekutif.

Sebut saja, para pemeran FTV Di Bawah Lindungan Ka’bah Laudyia Cynthia Bel­la, Niken Anjani dan lainnya. Dari kalangan eksekutif se­perti, Andrinof Chaniago, Fah­mi Idris, Saldi Isra dan ternyata mereka cukup me­nga­presiasi potensi daerah itu.

Ratusan rumah gadang berusia ratusan tahun masih terlihat di sana. Untuk men­jaga kelestariannya tentu di­per­lukan biaya perawatan yang tidak sedikit.

Kawasan itu terletak di Nagari Koto Baru, Keca­matan Sungai Pagu, berjarak sekitar 30 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Solsel dan 135 km dari Padang, pusat Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pengamat Pariwisata Nof­rins Napilus menyebutkan, secara potensi kawasan Sa­ribu Rumah Gadang luar biasa, apalagi ada cagar bu­daya Masjid Menara yang arsitekturnya hebat. “Untuk menara sebesar itu hanya disangga satu tiang saja, tentu sesuatu yang tidak biasa,” katanya.

Menurutnya, yang harus segera dilakukan adalah pela­tihan Pemberdayaan Masya­rakat mengenai aspek Pariwi­sata, Produk Kreatif, Kese­nian, Budaya dan Kuliner di mana melibatkan seluruh unsur masyarakat.

“Sering hal tersebut tera­baikan karena setiap pengem­bangan destinasi selalu ter­fokus dengan pembangunan infrastruktur, akhirnya des­tinasi tersebut lambat ber­kem­bangnya atau cenderung tertahan,” tambahnya.

Berdasarkan pengalaman, metode yang sama telah di­buk­tikan di kawasan Mandeh dan berhasil. Akibatnya, ma­sya­rakat paham dari dampak positif yang ditimbulkan se­hingga mereka paham item apa saja yang perlu disiapkan.

“Itulah alasan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat harus didahulukan,” sam­bungnya.

Selain itu, para penggiat yang sudah terukur harus dirangkul dan dilibatkan de­ngan dukungan dari peme­rintah daerah. “InsyaAllah akhir Maret 2016 para fotog­rafer se Indonesia mau hun­ting juga di kawasan Saribu Rumah Gadang,” tutup­nya.***

 

Laporan:
JEFLI OKTARI

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 13:42:59 WIB

    Tradisi 'Malamang' Tetap Eksis Meski di Tengah Pandemi Covid-19

    Tradisi 'Malamang' Tetap Eksis Meski di Tengah Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Membuat lamang menjelang penyambutan hari raya lebaran, bagi masyarakat Payo, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar), merupakan sebuah keharusan dan tradisi yang mesti dilaksanakan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]