Kolonel Pnb I Putu Gede Suartika

Tak Bercita-cita jadi Pilot


Sabtu, 06 Februari 2016 - 00:39:26 WIB
Tak Bercita-cita jadi Pilot

“Menjadi pilot atau pe­nerbang, bukan cita-cita saya sejak kecil. Keinginan menjadi pilot muncul saat mengikuti pen­didikan Akabri Uda­ra tingkatan I pa­da Agustus 1989. Sejak saat itulah saya mengenal dunia penerbangan, sehingga mem­bangkitkan keinginan saya untuk menjadi penerbang,” ujar I Putu Gede Suartika, Danlanud Padang, yang baru saja bertugas di Padang pada pertengahan Januari 2016 lalu.

Lelaki kelahiran Bali, 27 De­sember 1970 ini adalah Kolonel TNI AU pertama yang menjadi Dan­lanud Padang, se­iring perubahan status Lanud TNI AU di provinsi ini, dari tipe C me­n­jadi tipe B.

Lulusan Aka­bri Udara tahun 1992 ini bercerita, saat lulus dia men­dapatkan pangkat Lettu Elek­tronika, dan kemudian me­­wu­judkan im­piannya menjadi penerbang dengan masuk sekolah penerbang ang­katan 48 dan 49. Di sana, ia lulus pada tahun 1995 dengan pangkat Letnan Penerbang.

Alasan lain yang mem­pe­r­kuat ke­ingi­nannya un­tuk men­jadi pe­nerbang ada­lah ingin men­­je­lajahi In­do­nesia. Me­nurutnya, jika ingin men­je­lajahi In­do­nesia dengan cepat, adalah melalui jalur laut. Akan tetapi, akan lebih cepat meng­gu­na­kan jalur udara, ten­tu saja meng­gu­nakan pe­sa­wat terbang. (h/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]