Pemkab Solsel Siapkan Perda Pengelolaan Sampah


Sabtu, 06 Februari 2016 - 03:40:48 WIB
Pemkab Solsel Siapkan Perda Pengelolaan Sampah Hapison.

SOLSEL,HALUAN—Pe­merin­tah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tengah melakukan pem­bahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait penge­lolan sampah dan pemantauan lingkungan hidup di kantor bu­pati setempat,(5/2).

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Solsel, Hapison men­ye­but­kan pemkab Solsel melalui Anggaran Pendapatan dan Be­lanja Daerah (APBD) telah me­nga­nggaran sekitar Rp.400 juta pada 2016 untuk pembebasan lahan Tempat Pembuangan Se­mentara (TPS). “Di Solsel di­tem­patkan dua TPS, masing-masing di Muara Labuh dan di Lubuk Malako dalam tahap proses sejak 2015,”katanya.

Untuk luas areal masing-ma­sing TPS jika diukur kebu­tuhan sekitar dua hektar, im­buhnya tetapi dikarenakan sesuai permintaan masyarakat dengan harga yang cenderung terjangkau maka areal disediakan sekitar empat hek­tar. ”Di­se­bab­kan harga ya­ng dit­awar­kan mas­ya­rakat lebih terjangkau se­hingga memung­kin­kan dengan areal em­pat hektare, mending le­bih dari pada ku­ra­ng, ”ka­tanya.

“Sampai saat ini, sampah rumah tangga warga masih di­kum­pul­kan di TPS Golden Arm untuk semen­tara, ”terangnya.

Sedangkan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) pem­kab Solsel telah men­ye­dia­kan lahan seluas 4,2 hektare di Ju­jutan, Ke­ca­matan Sangir dengan anggaran sekitar Rp.350 juta. “Pem­bangu­nan direncanakan pada 2017 dan dianggarkan me­lalui dana APBN sekitar Rp.15 miliar,”katanya.

Selama ini, Kantor Ling­kungan Hidup Solsel telah men­ye­diakan sebanyak 28 unit kon­tainer sampah yang disebar dise­luruh kecamatan dan tiga unit truk pe­nga­ngkut sampah. Un­tuk retribusi sampah yang menjadi sumber pendapatan daerah adalah dari pe­ru­ma­han Sungai Lam­bai, Hotel Pesona Alam Sangir, PT. Supreme Energy dan Pe­ru­mahan Bukit Ma­lin­tang. ”Se­­­dangkan untuk retribusi sampah wa­r­­g­a diserahkan ke­pada pihak Nagari pe­nge­lo­laan­nya sebab be­lum menjadi sum­ber pendapatan da­erah,” tandasnya.

 Sementara, Walinagari Koto Baru, Aprisolman meng­harap­kan adanya petugas kebersihan di kawasan Saribu Rumah Gadang karena merupakan salah satu ikon Solsel. Disamping itu, Na­gari Koto Baru juga meraih pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat Pakarti Madya I tingkat nasional kategori kabu­paten tahun 2015. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]