Maghdalena, Lurah Berprestasi dari Jati Baru


Sabtu, 06 Februari 2016 - 03:43:02 WIB
Maghdalena, Lurah Berprestasi dari Jati Baru Maghdalena, SE.

PADANG, HALUAN — Akhir-akhir ini, mungkin kita sering mendengar banyak perempuan yang cukup ber­prestasi dari berbagai bidang di tingkat nasional. Deretan nama yang ada seperti Risma Walikota Surabaya, ke­mu­dian Susi Pudjiastuti yang Merupakan Menteri Per­ika­nan Dan Kelautan Indo­nesia. Namun, ternyata ada juga sosok wa­nita tangguh di ba­lik kantor ke­lur­a­han Jati Baru Kota Padang.

Adalah Maghdalena, SE (50) perempuan  yang men­jabat sebagai Lurah di Jati Baru Kota Padang. Dia mengawali karirnya pa­da depertemen pene­rangan tahun 1990 sampai tahun 2000, kemudian Magh­dalena ditu­gas­kan di keca­ma­tan Padang Ti­mur tahun 2003.

Se­te­lah dinilai baik da­lam men­ja­lan­kan tu­gasnya Maghdalena dipercaya untuk menjadi Lu­rah Jati Baru dari tahun 2008 sampai sekarang.

Sudah sekitar 7 tahun menjalankan tugasnya sebagai lurah, kerja kerasnya dalam menata kelu­rahan banyak mendapatkan prestasi yang luar biasa, pres­tasi yang membanggakan dari segudang prestasi yang dito­rehkan, sehingga Maghdalena masih dipercaya samapai se­ka­rang menjadi lurah Jati Baru.

Dalam prestasi Magh­dalena terbaru adalah men­dapat penghargaan juara 2 dalam penghargaan lurah award se Sumatera Barat tahun 2014.

Sebagai seorang pemim­pin perempuan, tentu Magh­dalena menghadapi banyak tantangan dalam pe­ker­jaannya.

Karena, keba­nyakan selama ini yang menjabat sebagai lurah adalah kaum adam. Meski sibuk sebagai lurah, Magh­dalena tetap meno­mor­satukan keluarga.

Dengan rendah hati wanita 3 anak ini meng­ungkapkan “Ya, kadang-kadang kalau perempuan dan menjadi pucuk pim­pinan banyak orang me­mandang sebelah mata. Tapi saya buktikan dengan kinerja tim solid. Saya memang tidak bisa kerja individual karena di ke­lurahan ini tim. Saya tidak bisa berjalan sendiri tanpa ada partisipasi masya­ra­kat.

Makannya saya ingin patahkan bahwa perem­puan itu bisa dan harus maju, pe­rempuan harus berkarya bu­kan berarti harus me­nyamai tapi harus bisa lebih,” ung­kapnya.

Di balik sosok kepemim­pinannya, Maghdalena  ini adalah seorang istri dan juga ibu.

Motivasi dari suami dan anak sangat membantu ak­tifitasnya di kantor. Meski sibuk dengan pekerjaan di kelurahan, bagi Maghdalena, keluarga tetap nomor satu karena keluarga menurutnya sumber energi hingga mem­buatkan sukses dan bersinar seperti saat ini.

Maghdalena mengatakan “sebelum saya putuskan men­jadi lurah, saya terlebih da­hulu sudah berdiskusi dengan keluarga, khususnya suami. Mengingat kerja sebagai lu­rah cukup memakan waktu dan penuh kesibukan dalam mela­yani masyarakat. Alham­du­lillah suami dan keluarga saya mendukung.

Maghdalena adalah sosok wanita yang perlu kita contoh. Meski sibuk dan banyak kerja di lapangan untuk membe­rikan pelayanan kepada ma­sya­rakat, dia tetap memiliki prinsip bahwa sesibuk apa­pun, dia harus bercengkerama dengan keluarga.

Di kantor, dia sebagai lurah sedangkan di rumah, dia harus menjadi sosok istri dan ibu yang baik. (h/mg-bay)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]