Nil Maizar Berikan coaching Clinic

Lima Prinsip untuk Pemain SSB


Sabtu, 06 Februari 2016 - 04:07:40 WIB

PADANG, HALUAN — Ada lima prinsip yang harus di­terapkan oleh seorang pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) kepada siswanya. Hal ini diungkapkan oleh pelatih Semen Padang FC Nil Maizar dalam coaching clinik untuk pelatih SSB yang timnya lolos untuk tingkat provin si Jumat (5/2) di Hotel Ibis Padang.

Prinsip pertama yang ha­rus diterapkan oleh pelatih SSB kepada anak didiknya ada­lah disiplin. “Untuk me­nga­jarkan disiplin kepada para siswanya tentu harus dimulai dari pelatihnya. Jika pela­tihnya tidak disiplin ma­ka akan sulit siswanya untuk menjadi di­siplin,”ungkap Nil Maizar.

Prinsip kedua yang harus di­tanamkan adalah rasa tang­gung jawab. “Untuk melihat pemain tersebut memiliki tanggung jawab adalah lihat ketika latihan satu lawan satu. Jika dia kehilangan bola apa yang dilakukanya, apakah dia mengejar lawanya untuk men­dapatkan bola lagi atau membiarkanya saja,”jelasnya.

Yang ketiga adalah kerja sama. Bagaimana pemain tersebut bisa melakukan kerja sama dengan teman satu tim lainya. “Untuk itu bisa dilihat saat latihan dua lawan dua,  ada kerja sama dan komu­nikasi diantara mereka ja­lan,” ujar mantan pelatih Timnas Indonesia ini lagi.

Selanjutnya adalah me­ngam­bil keputusan. Pe­ngam­bilan keputusan dalam sepak­bola sangatlah penting. “Un­tuk itu harus diberikan saat latihan. Seperti saat me­ne­rima bola, apakah bola ini mau diberikan kepada temanya, ditahan atau ditendang ke gawang harus ditunjukan oleh pelatih. Jika kamu mela­kukan ini, maka ini yang akan terjadi,”ungkapnya.

Serta yang terakhir adalah sikap fair play. Sikap ini sangat penting untuk dita­namkan kepa­da pemain SSB yang rata-rata berumur 6-12 tahun. “Jika selesai ber­tan­ding ajarkan para pemain itu bersalaman dan sebutkan untuk mengakui ke­kalahan dan akan membalasnya tahun depan,”paparnya.

Lebih jauh Nil me­nga­takan jika prinsip ini di­tanamkan kepada pemain SSB maka saat mereka besar nanti akan memiliki karakter. “Banyak pemain senior saat ini tidak memiliki karakter hal ini disebabkan karena mereka tidak mendapat prin­sip-prinsip tadi saat masih SSB,”ungkapnya.

Selain itu Nil juga me­nga­takan kalau dalam melatih SSB tersebut jangan berfikir untuk meraih juara. “Jika berfikir untuk meraih juara maka akan menghalalkan segala cara, seperti pencurian umur. Sebab dalam pe­mi­kiran hanya bagaimana me­raih gelar juara saja. Se­ha­rusnya dalam melatih SSB ini yang dibentuk adalah karakter pemain,”bebernya.

Dalam melatih SSB harus dengan kecerian dan ke­gem­biraan. “Jika melatih anak-anak SSB tersebut dengan tidak ke­gem­biraan maka bisa anak tersebut akan malas untuk berlatih besoknya. Selain itu jangan sampai tidak me­main­kan para siswa ter­se­but dalam per­tandinganb. Sebab akan bisa me­nye­bab­kan mental mereka ja­tuh,” pungkasnya. (h/san)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 11:19:37 WIB

    Melaju ke Lima Besar, Liverpool Diambang Juara Liga Inggris

    Melaju ke Lima Besar, Liverpool  Diambang Juara Liga Inggris ANFIELD,HARIANHALUAN.COM- Mohammed Salah dan kawan-kawan  memastikan Liverpool meraih tiket babak kelima besar  Piala FA setelah pada laga menentukan,  The Reds sukses  mengalahkan Shrewsbury Town di Anfield Stadium, Rabu.
  • Senin, 16 Desember 2019 - 21:40:56 WIB

    Meriahkan HUT PGRI ke 74 dan HGN ke 25, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Porsenag

    Meriahkan HUT PGRI ke 74 dan HGN ke 25, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Porsenag LIMAPULUH KOTA, HARINHALUAN.COM--Pemkab Limapuluh Kota menggelar Pekan Seni dan Agama (Porsenag) dalam rangka memeriahkan hari jadi PGRI ke 74 dan hari jadi Guru ke 25 Pemkab Limapuluh Kota menggelar Pekan Olahraga Seni dan A.
  • Jumat, 29 November 2019 - 23:18:26 WIB

    Hebat..! FAJI Limapuluh Kota g Dulang Prestasi Internasional

    Hebat..! FAJI Limapuluh Kota g Dulang Prestasi Internasional LIMAPULUH KOTA,HARIANHALUAN.COM-Bupati Lima Puluh Kota H.Irfendi Arbi mengucapkan selamat dan apresiasi kepada atlet Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Limapuluh Kota yang berhasil meraih 2 medali emas, 2 Perak, dan 1 Per.
  • Senin, 25 November 2019 - 16:41:57 WIB

    Hadapi Persebaya, Semen Padang FC Bermain di Kalimantan

    Hadapi Persebaya, Semen Padang FC Bermain di Kalimantan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Semen Padang FC akan melakoni laga tandang melawan Persebaya, Kamis (28/11) nanti. Laga pekan ke-29 Shopee Liga 1 2019 ini akan digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur..
  • Rabu, 13 November 2019 - 14:03:46 WIB

    Lima Tim Indonseia Sabet Emas di Ajang SGRWC

    Lima Tim Indonseia Sabet Emas di Ajang SGRWC SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM- Medali emas yang diperebutkan di nomor Head To Head (H2H) dibagi rata enam tim arung jeram pada kejuaraan dunia arung jeram Silokek Geofest Rafting World Cup (SGRWC) di Batang Kuantan Kabupaten Si.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]