Nagari Cupak Bangkitkan Wisata Air Angek Garara


Sabtu, 06 Februari 2016 - 04:10:02 WIB

Arosuka, Haluan — Tu­runnya dana Desa/Nagari dari pemerintah pusat serta merta telah membawa angin segar terhadap peningkatan eko­nomi masyarakat di da­erah. Karena daerah yang selama ini sering kesulitan dalam mendanai pem­ba­ngu­nan de­sa/Nagari  sedikit da­pat ber­nafas lega dengan adanya sub­sidi dari peme­rintah pusat ini.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah nagari Cupak kec. Gunung Talang, kucuran sebesar Rp. 320 Juta dari dana desa/nagari pada tahun 2015 lalu telah dipergunakan sepe­nuhnya untuk pembangunan infrastuktur di daerah itu. “Kalau untuk pembangunan, sum­ber dananya ada dua, yai­tu Alokasi dana desa/Nagari (ADD/N) dari pem­kab Solok dan Dana Desa/Nagari (DD/N) dari peme­rintah pusat,” kata Wali Na­gari Cupak Das­ril S.Ag di­dampingi sekretaris Nagari Is­mail, SH kepada Haluan di Ruang kerjanya, Rabu ke­maren.

Untuk penggunaan DD, ka­ta Dasril 70 persen digu­na­kan untuk pembangunan fi­sik, sedangkan sisanya digu­na­kan untuk pembangunan sum­berdaya manusia (SDM) me­lalui kegiatan pelatihan ba­gi masyarakat.  Terkait ke­giatan fisik, dialokasikan  un­tuk pembenahan fisik ob­jek wisata kolam pemandian Air Hangat Garara di Jorong Aie Angek Sonsang, pemba­ngu­nan gedung PAUD di Jo­rong Sungai Rotan dan Pus­kes­ri di Jorong Tangah Pa­dang.

Terkait pembenahan ko­lam pemandian air hangat ini, pihak pemerintah nagari Cu­pak tentunya berharap, lokasi pemandian ini secara ber­tahap akan berkembang men­jadi lokasi wisata alam yang berdampak terhadap pe­ning­katan ekonomi masyarakat. Karena di daerah Aie Angek Sonsang, saat ini tak hanya ada 1 mata air panas saja yang mengalir, namun ada puluhan mata air tersebar di jorong itu. Dengan adanya rehab per­baikan komplek kolam pe­man­dian Air Hangat Garara itu, diharapkan keberadaan obyek wisata pemandian air panas tersebut, bisa lebih bagus lagi dari segi penam­pilan fisiknya.

Secara bertahap kata Das­ril dan sesuai anggaran dana yang dimiliki pemerintahan Nagari Cupak, sarana prasa­rana pendukung kolam pe­man­dian air panas itu akan dilengkapi sesuai kemampuan keuangan nagari. “Ruang ganti pakaian pengunjung dan penambahan lampu pene­rangan disekitar komplek pemandian Air Hangat Ga­ra­ra itu juga akan diupayakan pembangunanya sesegera mung­kin,” bebernya.

Dasril tidak menampik, kalau selama ini, masyarakat Kabupaten Solok dan luar Solok cuma kenal dengan keberadaan obyek wisata pemandian Aia Angek Bukik Kili di Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung dan Aia Angek Bukik Gadang di Na­ga­ri Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya. Sedangkan obyek wisata Air Hangat Garara di Jorong AA Son­sang Nagari Cupak Kecama­tan Gunung Talang itu, seper­tinya memang masih belum dikenal betul dan diketahui oleh masyarakat Kabupaten Solok dan masyarakat luar Solok. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 22:40:13 WIB

    Program Lampu Jalan Mulyadi Mampu Terangi Hingga Tingkat Nagari

    Program Lampu Jalan Mulyadi Mampu Terangi Hingga Tingkat Nagari HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi diketahui banyak memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan itu pun bukan hanya sekadar bantuan, tapi benar-benar yang bermanfaat bagi masyarakat banyak..
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 17:10:12 WIB

    LKKS Kota Pariaman Studi Tiru ke Nagari Jawi-Jawi Kabupaten Solok

    LKKS Kota Pariaman Studi Tiru ke Nagari Jawi-Jawi Kabupaten Solok HARIANHALUAN.COM - Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pariaman telah melakukan studi tiru ke Nagari Jawi-Jawi Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok..
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 11:34:52 WIB

    TMMD di Nagari Panyalaian Ditutup, Prasarana untuk Masyarakat Siap Digunakan

    TMMD di Nagari Panyalaian Ditutup, Prasarana untuk Masyarakat Siap Digunakan HARIANHALUAN.COM - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar ditutup di Gazebo Indojolito, Rabu (29/7/2020). .
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 10:59:54 WIB

    PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Bank Nagari

    PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Bank Nagari HARIANHALUAN.COM – Hikmah dari situasi wabah Covid-19 sedang berjangkit seperti sekarang hendaknya dapat diambil berupa terbangunnya semangat rela berkorban diantara sesama umat Islam. Bank Nagari Sumatera Barat mengajak se.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 06:04:06 WIB

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari HARIANHALUAN.COM - Hingga kini, belum satu pun kabupaten dan kota yang melahirkan Perda Nagari Adat sebagai legalitas pembentukan Nagari Adat di daerahnya. Padahal, Perda Nomor 7 tahun 2018 yang dilahirkan Pemprov Sumbar seba.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]