Warga Nagari Ampiang Parak Buka Jalan Baru dengan Goro


Sabtu, 06 Februari 2016 - 04:10:31 WIB

PAINAN, HALUAN — Warga di Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan ber­juang  membuat Jalan Lingkar sepanjang 1.000 meter dengan gotongroyong.

Jalan tersebut bermanfaat untuk melepaskan warga ne­layan yang bermukim di Mua­ra Amping Parak dari kete­risoliran serta berbagai akti­vitas lainnya.

PjS Walinagari Amping Parak Habil Rivai   dihu­bu­ngi  Jumat (5/2) menye­but­kan, pembukaan jalan baru terse­but tuntas dilaksa­na­kan. Jalan itu dengan sendi­ri­nya akan membebaskan  war­ga di Muara Amping Pa­rak yang selama ini tidak punya ja­lan. ”Masyarakat di sini sangat antusias men­dukung pem­bangunan jalan yang sebagian besar diba­ngun dengan swa­daya dan gotongroyong. Lebar jalan lima meter dengan pan­jang 1.000 meter,” katanya.

Disebutkannya, pe­ning­katan jalan tersebut selan­jutnya akan didanai dengan dana desa tahun anggaran 2016. Diperkirakan, perte­ngahan tahun telah dapat dilaksanakan.

Selanjutnya tokoh masya­rakat setempat Jasman me­nye­butkan, tingginya antusias warga untuk gotongroyong menunjukkan bahwa jalan tersebut merupakan kebu­tuhan warga. Selama ini warga harus bersusah payah untuk mengangkut hasil laut. “Na­mun setelah jalan ini dibuka insyaallah warga dapat dengan mudah mengangkut berbagai keperluan. Warga disini perlu mempertahankan tradisi go­tongroyong ini dalam ber­bagai hal ke depan.

Selanjutnya Zalmi Jolelo Kepala Kampung  Amping Parak yang juga salah seorang Ninik Mamak  menam­bah­kan, terobosan yang dibuat PjS Walinagari Habil akan dike­nang warga disini sepanjang masa.”Soalnya ia telah ber­hasil memecah kebuntuan mandegnya pembangunan selama ini,” pungkasnya. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]