Dibangun di Kawasan Wisata

Musala Taman Panorama Diresmikan


Sabtu, 06 Februari 2016 - 04:16:52 WIB
Musala Taman Panorama Diresmikan Musala di Taman Panorama Bukittinggi diresmikan pemakaiannya oleh Pj Walikota Bukittinggi, Abdul Gafar, yang diwakili Asisten II Setdako, Ismail Djohar, Kamis (4/2). (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Musala di Taman Panorama Bukittinggi diresmikan pemakaiannya oleh Pj Walikota Bukittinggi, Abdul Gafar, yang diwakili  Asisten II Setdako, Ismail Djohar, Kamis (4/2). Peresmian ditandai dengan salat magrib berjemaah bersama sejumlah kepala SKPD dan jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bukittinggi.

Kepala Disbudpar Bu­kit­tinggi Melfi Abra mengata­kan, musala yang dibangun dengan dana sebesar Rp305 juta itu bersumber dari APBD Sumbar dan Kota Bukittinggi. Untuk proses pengerjaannya telah dimulai semenjak tahun lalu.

Musala yang berdiri me­gah di dekat gerbang taman Panorama  itu di desain seca­ra modern dengan berdin­dingkan kaca. Di bagian luar­nya juga dilengkapi aula san­tai sehingga warga yang habis salat di musala ini bisa me­nikmati indahnya peman­dangan Ngarai Sianok serta Gunung Merapi dan Sing­galang.

“Dengan adanya musala di tempat objek wisata Pano­rama ini, diharapkan bisa menambah daya tarik obyek wisata Panorama sekaligus mendukung Bukittinggi se­bagai kotawisata berbasis syariah,” ujar Melfi.

Untuk nama musala, me­nurut Melfi, namanya bakal disayembarakan. Nama dari hasil sayembara itu nantinya akan diumumkan pada 11 Maret 2016 yang bertepatan dengan ulang tahun pen­ca­nangan Bukittinggi sebagai kota wisata.

“Musala taman panorama ini juga dilengkapi WC. He­bat­nya lagi, kondisi dan pela­yanan hampir setara dengan WC umum di bandara inter­nasional. Artinya, WC yang ada benar-benar menguta­makan kebersihan dan kenya­manan. WC ini sama sekali tidak pungut bayaran,” jelas Melfi.

Asisten II Ismail meng­apresiasi pihak Disbudpar yang telah melakukan ber­bagai pembenahan di obyek wisata Panorama. Apalagi saat ini juga telah ada musala untuk salat bagi pengunjung yang masuk ke objek wisata ini.

Menurutnya, untuk me­ning­katkan kunjungan wisata­wan ke Bukittinggi Disbudpar melakukan berbagai pembe­nahan di sejumlah objek wisa­ta. Khusus di taman pano­rama, tidak saja musala yang dibangun tapi juga melakukan perbaikan gerbang masuk serta tempat bermain anak dan pagar pembatas sekeliling Lobang Jepang.

Panorama merupakan sa­lah satu tempat rekreasi pri­madona di Bukittinggi. Pano­rama menjadi incaran bagi pengunjung yang datang, baik itu remaja ataupun keluarga untuk menghabiskan liburan mereka. “Selain dilatar­bela­kangi alam nan indah, Pano­rama juga didukung adanya Lobang Jepang yang meru­pakan salah satu peninggalan sejarah dari masa pendu­dukan bangsa Jepang,” pung­kas Ismail. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 15:06:30 WIB

    Persiapan Salat Idul Adha Besok, Sejumlah Masjid dan Musala di Agam Disemprot Disinfektan

    Persiapan Salat Idul Adha Besok, Sejumlah Masjid dan Musala di Agam Disemprot Disinfektan HARIANHALUAN.COM - Menjelang pelaksanaan Salat Idul Adha 1441Hijriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Agam melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat ibadah. Penyemprotan tersebut menyisir sejumlah masjid da.
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 17:09:29 WIB

    Musala di Kolam Renang AJM Diresmikan Bupati Dharmasraya

    Musala di Kolam Renang AJM Diresmikan Bupati Dharmasraya DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan meresmikan pemakaian Musala Al Imran di lokasi wisata Kolam Renang Ajo Manenggang (AJM), Selasa (24/12)..
  • Sabtu, 16 Desember 2017 - 00:18:45 WIB

    Musala Kantor Bupati Pasaman Diresmikan

    Musala Kantor Bupati Pasaman Diresmikan PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis akhirnya meresmikan musala di komplek kantor bupati setempat, Jumat (15/12). Rumah ibadah ini sendiri dinamai Musala Ulil Amri, yang artinya pemimpin. .
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 03:44:53 WIB

    Siswa SMAN 3 Kumpulkan Uang Bangun Musala

    Siswa SMAN 3 Kumpulkan Uang Bangun Musala SOLSEL, HALUAN —Ge­ra­­kan mengumpulkan se­bagian uang belanja siswa tanpa paksaan yang digagas pihak SMAN 3 Solok Selatan (Solsel) untuk membantu pembangunan musala sekolah sekarang berbuah manis..
  • Ahad, 07 Agustus 2016 - 17:08:41 WIB

    Masyarakat Tilatang Kamang Goro Bersihkan Musala yang Terbakar

    Masyarakat Tilatang Kamang Goro Bersihkan Musala yang Terbakar AGAM, HALUAN- Masyarakat Jorong Tampuniak Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, melakukan goro bersama membersihkan Musala Ar-Rahmah di Batuang, Jorong Tampuniak, Minggu (7/8). Musala tersebut mengalami rusak cukup p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]