Penambahan Pandam Kuburan Terkendala

TPU Tunggul Hitam Sudah Penuh


Sabtu, 06 Februari 2016 - 04:20:27 WIB

PADANG, HALUAN—Lebih kurang 22.000 kuburan sudah memadati makam muslim di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam dan Aia Dingin. Jumlah tersebut sudah melebihi kapasitas yang ada.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Keber­sihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang Afrizal Khaidir, Selasa (2/2).

“Di Tunggul Hitam lebih kurang sudah mencapai 18.­000 makam sementara di Aia Dingin sudah mencapai lebih kurang 4.000 makam. Kondisi ini sudah memenuhi kapasitas.

Jika ada yang meninggal dan dikuburkan di situ maka hanya bisa disandingkan atau digabung dengan sanak sau­daranya yang dimakamkan ditempat itu,” terangnya.

Melihat kondisi yang de­mikian, maka pihaknya sudah mencari dan menda­patkan lahan untuk penam­bahan ma­kam yang baru di Aia Dingin sekitar 3 Ha.

Sesuai keputusan Pemko Padang dengan Tata Ruang dan Bangunan (TRTB) juga sudah menentukan tempat tersebut untuk dijadikan pan­dam pakuburan.

“Namun masyarakat seki­tar meminta lokasi itu dijadi­kan perumahan saja. Tentunya kami juga tidak ingin memak­sakan secara langsung, mes­kipun sudah ada instruksinya dari Pemko,” ujarnya.

Dikatakannya juga, dalam waktu dekat pihaknya akan membicarakan dan segera akan merealisasikan penam­bahan pandam pakuburan ini.  Ia juga ingin menjelaskan pada masyarakat, bahwa ini bukan kebutuhan Pemda.

“Ini bukan kebutuhan pe­merintah daerah melainkan kebutuhan dari masyarakat sendiri. Untuk itu kita me­minta semua pihak agar men­dukung rencana penambahan lokasi makam tersebut,” tam­bahnya.

Berbeda dengan dua lo­kasi makam untuk muslim, makam yang ada untuk non muslim yang ada di kawasan Bungus Teluk Kabung mem­punyai luas 40 Ha dan baru terisi sekitar lebih kurang 40 persen.

Artinya, masih banyak kapasitas yang dapat me­nampung cuman hanya diper­untukkan untuk warga non muslim saja.

Terkait restribusi makam, ia menjelaskan pada awal proses pemakaman pihak ke­lu­arga akan membayar Rp500.­000 untuk jangka wak­tu dua tahun dengan rin­ciannya Rp125.000 untuk sewa selama dua tahun de­ngan ukuran 2x1, Rp375.000 untuk membeli papan dan  Rp10.000 upah gali.

“Jadi kalau biaya res­tribusinya tidak terlalu besar. Hitung sajalah Rp125.000 dibagi 24 bulan (dalam dua tahun) segitulah biaya perbu­lannya,” pungkasnya. (h/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 23:19:40 WIB

    10 Tahun Tak Diurus, Pemko Padang Putihkan Makam di TPU Ini

    10 Tahun Tak Diurus, Pemko Padang Putihkan Makam di TPU Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menuturkan, makam yang sudah 10 tahun tidak diurus maka akan diputihkan. Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam saat ini sedang dalam pend.
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 20:05:34 WIB

    TPU Tunggul Hitam Hampir Penuh, Kadis LH: Tak Diurus 10 Tahun Diputihkan

    TPU Tunggul Hitam Hampir Penuh, Kadis LH: Tak Diurus 10 Tahun Diputihkan PADANG,HARIANHALUAN.COM- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menuturkan, makam yang sudah 10 tahun tidak diurus maka akan diputihkan. Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam saat ini sedang dalam pendat.
  • Jumat, 26 April 2019 - 16:15:20 WIB

    TPU Tunggul Hitam Mulai Dibanjiri Peziarah

    TPU Tunggul Hitam Mulai Dibanjiri Peziarah PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jelang memasuki Ramadan 1440 H, hampir sama seperti tahun sebelumnya, Taman Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam mulai diramaikan dengan keluarga yang ingin berziarah. Meski belum signifikan, secara b.
  • Ahad, 24 Juni 2018 - 10:27:41 WIB

    TPU Air Dingin Finishing, TPU Bungus Siap Menanti Anda

    TPU Air Dingin Finishing, TPU Bungus Siap Menanti Anda PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bagi warga Kota Padang arah selatan yang keluarganya meninggal dunia, saat ini sudah bisa menggunakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bungus. Tersedia tiga hektar luas tanah yang bisa memakamkan warga m.
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 22:35:37 WIB

    TPU Tunggul hitam Penuh, Sektor Bungus Siap Digunakan

    TPU Tunggul hitam Penuh, Sektor Bungus Siap Digunakan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Akibat sesak dan penuhnya Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Tunggul Hitam, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menambah tiga sektor pemakaman lagi. Sektor Selatan yaitu di Bungus, Sektor Timur Buk.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]