Operasional Mobil Internet Dihentikan


Sabtu, 06 Februari 2016 - 04:30:27 WIB
Operasional Mobil Internet Dihentikan

PADANG, HALUAN — Mo­­­­bil internet yang bia­sanya bersiliweran di na­gari-nagari di Sumbar, sejak beberapa waktu lalu tak nampak lagi. Sebagian ken­daraan yang didominasi warna biru dan dongker itu, terlihat diparkir di Kom­plek Lanud, Padang.

Menurut Kabid Ko­min­fo Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar, Nur­fi­trisman, operasional ken­daraan yang biasa disebut Mobil Pusat Layanan In­ter­net Kecamatan (MPLIK) itu, untuk sementara dihen­tikan. Di Sumbar, jum­lah­nya sekitar 114 unit, ber­operasi di kecamatan pada seluruh kabupaten daerah ini.

“Sesuai dengan siaran pers Kementerian Kominfo yang kami terima Maret 2015 lalu, kontrak tahun jamak 2015 pelayanan MPLIK tidak dilanjutkan. Pa­salnya, berdasarkan hasil mo­nitoring evaluasi per­kem­bangan pelayanan, di­nilai belum efektif,” ka­tanya.

Dikatakan, layanan mobil internet itu merupakan bagian dari Universal Service Obli­gation (USO). USO adalah kewa­jiban pemerintah dalam mem­berikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan infor­masi kepada publik.

Kewajiban pelayanan itu dila­kukan untuk mengurangi ke­senjangan digital di daerah, khu­sus­nya di pedesaan, daerah ter­tinggal dan terluar yang secara ekonomi sulit dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi komersial.

Program layanan USO sela­ma ini diawali dengan layanan dasar (voice) hingga layanan data (internet), dengan kegiatan an­tara lain Desa Dering, Pusat Layanan Internet (PLIK) dan PLIK yang sifatnya bergerak (MPLIK).

“Layanan USO itu dilakukan menggunakan model sewa laya­nan atau pengadaan barang dan jasa lainnya dari penyedia USO. Jadi operasionalnya dilakukan pihak ketiga. Juga aset milik pihak ketiga. Untuk di Sumbar, kalau tidak salah operatornya adalah PT Lintasarta,” katanya.

Terpisah, PT Lintasarta diwa­kili Koordinator MPLIK Wil­a­yah Sumbar, Marfendi yang di­hu­bungi terpisah, membenarkan jika operasional mobil internet itu dihentikan sejak Desember 2015, karena memang kontrak kerjanya sampai 31 Desember 2015. Namun, operasional sela­ma 1 tahun itu tidak dibayar lagi oleh Kemenkominfo.

“Karena itu, seluruh MPLIK untuk Sumbar yang jumlahnya 114 unit telah kita tarik dan tidak beroperasi lagi,” katanya.

Selama beroperasi, lanjutnya, respon masyarakat sangat luar biasa. Karena mobil internet itu sangat membantu kebutuhan masyarakat yang tidak terjangkau jaringan internet. Untuk pe­makaian, pengguna dikenakan biaya Rp1.000 per jam.

Secara nasional, dari relis Kemenkominfo tertanggal 5 Maret 2015 itu disebutkan, hingga saat ini berdasarkan hasil monitoring evaluasi perkem­bangan layanan USO, dari sisi anggaran realisasi rata-rata per­tahun sampai 2014 adalah 41 per­sen. Hal tersebut menunjukkan belum efektifnya layanan USO. Maka untuk sementara pelayanan USO dihentikan guna mencegah munculnya potensi kerugian dari berbagai aspek.

Selama masa penghentian sementara, dilakukan langkah-langkah evaluasi dan rancang ulang Program USO tahun 2015. Esensi utama dari rancang ulang adalah tetap melanjutkan pro­gram eksisting namun merubah mekanismenya, yaitu tidak lagi bersifat top down, dari pusat ke daerah, tetapi dari daerah ke pusat yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Kepala Dishub Komindo Ta­nah Datar, Abrar mengaku, se­banyak 12 unit MPLIK di dae­rahnya sudah tak beroperasi sejak Desember 2015. Sejak itu pula, mobil tersebut diparkir saja di lingkungan kantor Dinas Per­hubungan dan Kominfo se­tempat.

“MPLIK sudah tak ber­ope­rasi sejak Desember 2015 lalu. Padahal cukup banyak man­faatnya bagi masyarakat pen­g­guna jasa internet,” kata Kepala Dishub Komindo Tanah Datar, Abrar.

Sedangkan di Solok Selatan, Kepala Dishub Kominfo Ar­men­ses mengaku tak tahu banyak soal mobil internet itu, karena ope­ra­sionalnya langsung dari pusat. Jum­lahnya sebanyak 5 unit. (h/vie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Maret 2020 - 16:06:15 WIB

    Wabah Corona, Kegiatan Operasional di IPC Teluk Bayur Berjalan Normal

    Wabah Corona, Kegiatan Operasional di IPC Teluk Bayur Berjalan Normal PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Merebaknya wabah virus Corona di sejumlah negara maupun daerah lain di Indonesia hingga saat ini belum berpengaruh secara signifikan terhadap kegiatan operasional di Pelabuhan Teluk Bayur..
  • Kamis, 01 Februari 2018 - 09:44:18 WIB

    Terkait Operasional Basko Group, DPRD Padang Akan Minta Keterangan PLN

    Terkait Operasional Basko Group, DPRD Padang Akan Minta Keterangan PLN PADANG, HARIANHALUAN.COM – Eksekusi fisik terhadap bangunan Basko Hotel dan Basko Grand Mall yang berdampak pada ancaman hilangnya mata pencarian seribuan karyawan, jadi pembahasan di DPRD Padang. Rencananya, wakil rakyat y.
  • Selasa, 08 Agustus 2017 - 17:20:19 WIB

    Bulan Ini, 10 Tambahan Bus Trans Padang Dioperasionalkan

    Bulan Ini, 10 Tambahan Bus Trans Padang Dioperasionalkan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Perhubungan Kota Padang akan segera mengoperasionalkan 10 bus Trans Padang tambahan. Direncanakan, dalam bulan ini akan segera melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang la.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 16:56:58 WIB

    Sekda Kota Padang Tutup Diksar Tenaga Operasional Satpol PP

    Sekda Kota Padang Tutup Diksar Tenaga Operasional Satpol PP PADANG, HALUAN - Setelah selesai mengikuti rangkaian seleksi penerimaan tenaga operasional Satpol PP Kota Padang tahun 2016, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Nasir Ahcmad akhirnya menutup Pendidikan Dasar (Diksar) pada R.
  • Senin, 02 November 2015 - 19:08:42 WIB

    Pengurus RT, RW dan LPM Akan Diberi Bantuan Operasional

    PADANG, HALUAN — Para pengurus RT, RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Padang diberikan bantuan operasional yang terus ditingkatkan setiap tiga bulan.

    Hal ini diharapkan ber­banding lurus dengan.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]