Survey Polokda Unand- KPU Sawahlunto

Terima Uangnya, Pilihan Soal Belakangan


Sabtu, 06 Februari 2016 - 10:45:48 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Hampir sebagain besar masyarakat di Kota Sa­wah­lunto, tidak segan-segan me­nerima uang dari calon di berbagai hajatan demokrasi. Baik pemilihan kepala da­erah, maupun pemilu legis­latif. Namun untuk urusan pilihan, soal belakangan.

Hal itu terungkap dari ha­sil survey yang dilakukan Pu­sat Studi Politik Lokal dan Oto­­nomi Daerah (Polokda) Uni­­versitas Andalas (nand), bekerjasama de­-ngan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Sawah­lun­to terkait sikap masya­rakat Sawahlunto ter­ha­dap politik uang (money po­li­tic).

“Cukup mengejutkan me­mang, dari hasil survey terha­dap 400 orang responden di empat kecamatan yang ada di Sawahlunto, hanya 174 orang yang menyatakan menolak politik uang tersebut. Semen­tara sisanya menyatakan me­ne­rima uang dan memilih orang atau calon yang mem­beri,’’ terang DR. Aidinil Zetra dari tim survey Polokda Unand di Sawahlunto.

“Partisipasi warga dalam berpolitik yang tertinggi di Sa­wah­lunto, adalah ikut men­­co­blos dalam pemilu dan pil­kada. Sedangkan me­nya­ta­kan diri untuk men­dukung par­tai atau calon tertentu da­lam pemilu dan pilkada sangat rendah, terle­bih men­ja­di pim­pinan publik atau par­tai po­litik,” ungkap Dosen Pas­ca Sarjana FISIP Unand itu.

Ditambahkannya, faktor penentu sikap masyarakat terhadap politik uang di kota ini, diantaranya lokasi tempat tinggal, jenis pekerjaan, umur, tingkat pendapatan dengan tingkat kepercayaan serta kondisi ekonomi keluarga.

Dan dari hasil survey itu Aidil mengingatkan kepada partai politik untuk bekerja keras dalam menso­sialisa­sikan dan berintegrasi de­ngan masyarakat dalam mem­berikan pendidikan po­li­tik, yakni pendidikan poli­tik yang baik dan ber­inte­gritas yang akan melahirkan budaya partisipatif sehingga melahirkan warga negara yang bertanggungjawab seca­ra personal. (h/mg-rki)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 04:15:39 WIB

    Supaya Puasa Ramadan Diterima Allah

    Supaya Puasa Ramadan Diterima Allah Marhaban yaa Ramadan, tak terasa bulan keberkahan dan bulan penuh rahmat bahkan magfirah akan segera datang menjumpai kita, di mana bulan suci Ramadan berjuta nikmat Allah SWT berikan bagi hambanya yang melakukan puasa, terma.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]