Warga Lingga Minta Permudah Urus KTP


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:24:50 WIB

LINGGA, HALUAN — Banyak warga mengeluhnya akan lambannya pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lingga. Untuk pengurusan administrasi kependudukan saja memakan waktu hingga berminggu-minggu. Hal ini perlu dilakukan perbaikan sehingga tidak merugikan masyarakat.

Demikian dikatakan salah seorang warga Lingga asal Kecamatan Selayar, Dewi, Kamis (04/2) kepada media ini. Dianya mengaku sudah dua  minggu ini pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tapi belum juga selesai. Ia bolak balik tentunya memerlukan biaya yang cukup besar, karena jaraknya antara tempat tinggal dia dengan Disdukcapil lumayan jauh. “Biaya bolak balik ke Selayar-nya yang besar, sudah berminggu ini belum juga selesai,” keluhnya.

Untuk mengurus KTP biaya transportasi tersebut ditaksir kurang dari Rp100 ribu antara Kantor Disdukcapil dengan tempat tinggal warga. “Warga harus datang ke Kantor Disduk Capil yang berada di Dabo Singkep, proses ternyata bukan itu saja, mulai dari perekaman data hingga sekarang sudah seminggu ini ternyata KTP juga belum siap, “ungkap Dewi dengan nada kesal.

Dianya Berharap pelayanan bagi ma­syarakat Kabupaten Lingga dalam pengurusan administrasi kependudukan dapat lebih mudah dan cepat. “Bagi kami yang berdomisili diluar Pulau Singkep pengurusan yang cukup lama ini tentu memberatkan terutama di biaya, transportasi yang harus ditempuh dengan perjalanan laut membuat pengeluaran menjadi berkali lipat. Sedangkan jika harus menginap hingga selesai dalam pengurusan juga memakan biaya yang tidak sedikit,” katanya.

Kepala Disdukcapil Lingga Ayuzar saat diminta keteranga belum bisa memberikan tanggapannya. Padahal dalam pemaparan visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, salah satu program prioritas yang akan menjadi perhatian dalam menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Lingga kedepan, salah satunya kemudahan dan pelayanan yang lebih baik bagi kepentingan masyarakat yang langsung menyentuh pada masyarakat.   (jfr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]