Pemko akan Manfaatkan Teknologi PJU Pintar


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:27:06 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah Kota Sawahlunto berencana akan meng­ganti sistem pembayaran biaya listrik Penerangan Jalan Umum (PJU) kesistim pra bayar dengan memanfaatkan teknologi PJU pintar, untuk menghemat pengeluaran daerah dalam membiaya PJU di kota ini.

“Pemerintah Kota tengah melakukan koordinasi dengan Badan Litbang Ke­men­trian ESDM, Saat ini kita telah mengajukan proposalnya untuk merealisasikan program PJU Pintar itu.Setidaknya ada 60 titik PJU yang akan diganti nantinya,” kata Kepala Bappeda Sawahlunto Andi Rastika.

Keunggulan PJU pintar itu sebut Andi, sistimnya memberikan kendali penuh terhadap lampu lampu jalan mulai dari monitoring kondisi lampu jalan secara real time hingga mengendalikan pemakaian daya, sehingga lebih hemat dalam pem­bayarannya.

Sistimnya akan memberikan notifikasi secara otomatis kepada petugas lapangan melalui Short Message Service (SMS) bila terjadi kerusakan. Menurutnya, pemakaian PJU pintar merupakan solusi bagi pemko untuk konversi energi pada PJU, dimana sistim PJU pintar Balitbang ESDM ini menggunakan LED hemat energi yang akan secara otomatis meredup pada pukul 23.00 – 04.30 WIB, sehingga pemakaian daya listrik jadi berkurang hingga 30 persennya. Hal ini tentunya akan mengurangi waktu dan biaya dibanding pemakaian Pju seka­rang saat sekarang ini.

“Kelebihan lainnya sistim PJU pintar juga mampu mendeteksi pencurian listrik dijaringannya, Smart KWH meter yang dipasang pada sistim utama dan di setiap lampu  akan melaporkan pemakaian listrik secara real time, sehingga akan terpantau langsung oleh petugas jika terjadi ke­bocoran  arus dan dayanya,” ungkap Andi..(h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 15:53:25 WIB

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota HARIANHALUAN.COM - Baru pertama kali pimpinan daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman melakukan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman musala Balaikota Pariaman sesudah sala.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 14:42:15 WIB

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan HARIANHALUAN.COM - Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) pada ruas jalan Koto Marapak -Cubadak-Mentawai, Kota Pariaman selesai dikerjakan dan masyarakat sudah dapat menikmati penerangan tersebut. .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 15:39:30 WIB

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP 

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP  HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan lahan dan akan membangun kampus jauh Universitas Negeri Padang (UNP) diarea Kandi. Sebelumnya Pemko telah meneken Momerandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNP..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:49:03 WIB

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi HARIANHALUAN.COM - Dua jabatan Camat dilingkungan Pemerintah Kota Sawahlunto kembali terisi setelah pejabat sebelumnya memasuki masa purna bakti. Adapun dua Camat tersebut, yakni Camat Kecamatan Barangin dijabat oleh Subandi .
  • Senin, 29 Juni 2020 - 15:39:41 WIB

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran HARIANHALUAN.COM - Sepuluh unit bus sekolah aset Pemko Pariaman sampai saat ini masih terparkir, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan daerah setempat. Siang berpanas, malam berembun, kondisi bus sekolah Pemko Pariaman y.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]