Batu Tanjung Butuh Peningkatan SDM


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:27:31 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kelola miliaran rupiah dana desa yang berasal dari APBD Kota Sawahlunto dan APBN, Desa Batu Tanjung meyakini peningkatan percepatan pem­bangunan. Meski demikian, kemampuan aparatur desa masih menjadi catatan penting bagi desa.

Desa yang disangga em­pat dusun di atas kawasan seluas 14,5 kilometer persegi di Ke­camatan Talawi ter­sebut, me­nerima total dana desa sebesar Rp2,23 miliar tahun ini. Ang­ka tersebut jauh mengalami peningkatan dibanding tahun 2015, yang hanya Rp799 juta.

Marwan, Kepala Desa Ba­tu Tanjung kepada Haluan mengungkapkan, alokasi dana desa yang akan dimanfaatkan di tahun 2016 itu, telah dibagi ke dalam program-program, yang dijaring melalui mu­syawarah dusun.

Aspirasi masyarakat yang terhimpun melalui musya­warah dusun, kemudian lang­sung diperingkatkan, selan­jutnya masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Me­nengah Desa (RPJMDes), dan disingkronkan dengan RPJM Kota Sawahlunto.

Secara rinci menurut Mar­wan, total dana yang diterima desa berpenduduk 1.890 jiwa itu terdiri dari Dana Desa yang berasal dari APBN se­besar Rp690,26 juta, Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Rp36,52 juta, dan yang terbesar Alokasi Dana Desa dari APBD Kota Sa­wahlunto sebesar lebih dari Rp1,5 miliar.

Porsi alokasi dana ter­sebut, lanjut bapak dua anak kelahiran 21 September 1976 itu, 70 persen untuk pem­bangunan dan 30 persen ope­ra­sional dan penyelenggaraan pemerintah desa. Dari 70 persen alokasi untuk pem­bangunan itu, Rp1,17 miliar diantaranya untuk pem­bangu­nan fisik.

Sedangkan sisanya sekitar Rp400 jutaan, dilokasikan untuk pembangunan non fisik, berupa keagamaan dan pela­tihan. “Kita berusaha untuk operasional ini bisa ditekan lagi, sehingga bisa dialihkan untuk mengejar pembangu­nan,” ujar Marwan.

Program pembangunan yang akan dilaksanakan, mulai dari perbaikan saluran irigasi, jalan dan dam lingkungan pemukiman, pemeliharaan sarana dan prasarana pendi­dikan PAUD dan TK.

Selanjutnya, peningkatan jalan kawasan sentra ekonomi dan pertanian, normalisasi sungai, embung. Selain itu diikuti pembibitan tanaman buah dalam mendukung op­timalisasi pekarangan, serta percontohan padi sawah sis­tem jajar legowo.

Marwan  sendiri mengaku, untuk menggenjot pening­katan perekonomian ma­sya­rakat harus dilakukan dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Mulai dari lahan pertanian, hingga optimalisasi lahan pekarangan.

Harapannya, meski tidak diarahkan menjadi kampung produktif, Marwan men­tar­getkan  setiap warganya men­jadi produktif, berkontribusi dalam membangunan  pere­konomian keluarga masing-masing.

Namun demikian, dari keyakinan tersebut, Marwan juga mengharapkan pelatihan peningkatan sumber daya manusia terhadap aparatur desa, yang akan mengelola dana desa yang ada.

Marwan mengharapkan, adanya pelatihan peningkatan sumber daya aparatur desa, serta penambahan perangkat desa yang dirasakan masih kurang.

Setidaknya, dalam ad­mi­nistrasi dana desa ini, ada aparatur yang disekolahkan beberapa bulan, sehingga pengelolaan dana nantinya akan lebih fokus.(h/dil)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]