Alokasi Dana Desa Sawahlunto Meningkat


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:27:56 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Jelang tutup tahun 2015 lalu, Pemerintah Kota Sa­wahlunto melakukan pe­nyerahan Dokumen Pelak­sanaan Anggaran (DPA) tahun 2016. Selain bagi satuan kerja perangkat da­erah, kepala desa se Kota Sawahlunto menjadi bagian penerimanya.

Rata-rata dari 27 desa yang tersebar di empat keca­matan di Kota Sawahlunto, masing-masing menerima total Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2016 melebihi angka Rp2 miliar, sebuah angka yang terbilang besar bagi desa di kota seluas 275,9 kilometer persegi ini.

Meningkatnya alokasi dana desa, secara tidak lang­sung menyatakan, terjadinya pelimpahan otonomi ke level pemerintahan, yang jika tidak bisa kita sebut sebagai pemerintahan te­ren­dah, kita sebut saja se­bagai yang terdepan.

Peningkatan alokasi da­na desa, tentunya bertujuan untuk menciptakan peme­rataan pembangunan, yang langsung direncanakan, dilak­sanakan, dan dirasakan masyarakat desa masing-masing.

Baik pemerintah pusat maupun daerah, meng­ha­rap­kan pembangunan de­ngan anggaran APBDes, dapat dilakukan secara pa­dat karya melibatkan masya­rakat, membuka peluang kerja, mengurangi pengang­guran.

Dampak yang diha­rap­kan, berupa laju pemba­ngunan akan bergulir sema­kin cepat. Sebab, pengam­bilan keputusan dan kewe­nangan sebuah pemba­ngu­nan dapat dilakukan lang­sung di tingkat desa, ter­jadinya pemangkasan birok­rasi.

Masyarakat di akar rum­put pun, langsung dapat menyampaikan usulan atau keinginan pembangunan di kawasannya, ke pemerintah desa, yang tentunya pasti dapat mereka akses secara langsung.

Hal ini, tentu jauh ber­beda dengan sistem yang selama ini. Rentang birok­rasi pengajuan rencana pem­bangunan, tidak lagi panjang. Persoalan birokrasi dapat langsung diputuskan di level pemerintahan desa.(h/Fadil)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 18:19:23 WIB

    Walinagari Diminta Alokasikan Dana Desa untuk Berdayakan Kelompok Dasawisma 

    Walinagari Diminta Alokasikan Dana Desa untuk Berdayakan Kelompok Dasawisma  PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, meminta walinagari pada masing-masing wilayah kerja agar mengalokasikan anggarannya untuk pemberdayaan perempuan melalui kelompok Dasawism.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 13:22:49 WIB

    Pemkab Dharmasraya Alokasikan Dana Hibah Rp42,4 Miliar

    Pemkab Dharmasraya Alokasikan Dana Hibah Rp42,4 Miliar DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Badan Keuangan Daerah, berikan bimbingan teknis pengelolaan dana hibah terhadap ratusan orang pengurus lembaga, kelompok, organisasi kemasyarakatan yan.
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 03:46:41 WIB

    Alokasi Dana Desa Tahap I Masuk Kas Daerah

    PASAMAN, Haluan — Alokasi dana desa ta­hap pertama yang digulirkan oleh pe­merintah pusat untuk Kabupaten Pasaman sebesar 60 persen sudah masuk ke kas daerah..
  • Kamis, 19 Mei 2016 - 03:27:04 WIB

    Gubernur Dukung Alokasi Dana Desa untuk Kakao

    Gubernur Dukung Alokasi Dana Desa untuk Kakao PADANG PARIAMAN, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman yang mengalokasikan dana desa untuk usaha kakao dalam percepatan pengentasan kemiskinan..
  • Rabu, 02 Maret 2016 - 03:06:41 WIB

    Pariaman Alokasikan Dana Desa Bagi Hulubalang-K3

    PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman akan mengalokasikan dana desa pada APBD 2016 untuk biaya tenaga pengamanan desa atau “hulubalang” dan bagi petugas Kebersihan, Kerapian dan Keamanan (K3)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]