Tiga Tahun Rusak

Mak Itam Mulai Diperbaiki


Selasa, 09 Februari 2016 - 03:28:25 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kabar gembira bagi masyarakat Sawahlunto termasuk dunia pariwisata, karena icon pariwisata Mak Itam mulai diperbaiki, setelah tiga tahun terakhir ini rusak berat dan tidak beroperasi. Lokomotif uap E1060 buatan Hartman Chembitz Jerman itu mulai diperbaiki.

Wakil Walikota Sawah­lunto Ismed SH ketika mela­kukan tinjauan di kawasan Museum Kereta Api Kam­pung Teleng baru-baru ini menyebutkan, para tekhnisi dari PT KAI telah memulai melakukan perbaikan ter­hadap lokomotif uap yang didatangkan dari Museum kereta api Ambarawa itu, yang saat ini telah menjadi slah satu ikon wisata heritage yang dimiliki Sawahlunto.

“Kita berharap Mak Itam akan segera kembali bero­perasi dalam menunjang pari­wisata Sawah;lunto, selain perbaikan terhadap Mak Itam itu sendiri, kita juga berharap Dipo atau Garasi mak itam juga diperbaiki termasuk pe­ma­sangan pagar disekeliling museum Kereta Api Kam­pung Teleng,” harap Ismed.

Banyaknya tuntutan agar segeranya diperbaiki Ikon wisata itu, terus pihaknya lakukan dengan tidak bosan bosangnya berjuang ke pe­merintah pusat agar men­dapatkan regulasi yang benar dalam upaya terbaikan dan penggunaan anggarannya.

Banyak warga sebutnya, tidak mengetahui aturan yang berlaku dalam memperbaiki mak itam tersebut, warga mayarakat banyak meng­ang­gap pemko tidak serius dalam memperbaikinya, padahal untuk masalah itu, pihak pe­merintah kota terbentur akan regulasi perbaikan dan peng­gunaan anggaran untuk per­baikannya.

“Pemko punya dana untuk memperbaiki, tapi sesuai atur­an pemko tidak bisa menggu­nakan dana itu untuk mem­perbaikinya, karena regula­sinya ada pada anggaran di PT KAI,” terang Bapak dua anak itu.

Pihak kita lanjutnya, selalu mendorong agar proses per­baikan tersebut dapat selesai sesegera mungkin, dan de­ngan pulihnya dan bero­pera­sinya mak itam dalam waktu dekat ini, tentu akan meng­gairahkan wisata sejarah kota ini, sekaligus sebagai upaya pelestarian heritage kota tua Sawahlunto, yang saat ini dalam proses menuju menjadi kota warisan dunia yang diakui oleh UNESCO.(h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]